Color Grading di Premiere Pro

Ogasite.com – Setelah kamu memahami mengedit video dasar, sekarang saatnya mengenali cara color grading premiere pro untuk membuat video lebih sinematography.

Berbicara tentang color grading, settingan elemen ini sangat berpengaruh ketika pasca produksi film, editor video untuk menambah suasana tersendiri kedalam video tersebut.

Memadukan antara footage dan elemen dasar pewarnaan ini merupakan salah satu teknik para filmaker atau editor professional demi menghasilkan karya yang luar biasa.

Nah, color grading inilah yang biasa disebut oleh professional editor dan pada artikel ini saya akan membagikan sebuah tips cara membuat color grading premiere pro pemula.

Sebelum memulai pembahasannya, mungkin kamu harus mengetahui arti dasar dari color grading ini yang merupakan proses koreksi warna untk meningkatkan kualitas dari visual gambar.

Jika kamu sangat mahir dengan edit foto di adobe photoshop, sepertinya tidak akan kerepotan dalam melakukan color grading, kenapa ?

Karena teknik dari color grading sendiri menggunakan metode memanipulasi warna dari sebuah video, sehingga menciptakan visual berbeda dengan bertujuan konsep yang telah ditentukan oleh editor.

Paling umum digunakan seperti color correction, brightness, contrast, hue saturation, curve dan masih banyak lainnya.

Masih bingung ?

Saya akan menambahkan sebuah gambar perbedaan dari footage video yang sudah melakukan color grading dan yang tidak.

Befor After Color Grading Premiere Pro
Contoh hasil editing perbandingan before-after, by flipsmediafilms.com

Untuk mengedit footage dengan color grading premiere pro memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda dalam memilih komposisi warna.

Tidak semua sama video yang digunakan ada kesamaan, karena hal ini tergantung dari konsep dan tujuan dari video yang akan dibuat.

Salah satu contoh keterangan gambar diatas terdapat gambar yang belum melakukan color grading hasilnya flat atau tidak jelas di pewarnaannya.

Berbeda ketika kita sudah meracik sesuatu warna pada footage diatas, terlihat hidup bukan ? Yup! karena sang editor harus memahami situasi keadaan dari footage tersebut.

Setelah melakukan pewarnaan, ada perbedaan yang menonjol kesannya yang sangat realistis serta menambah suasana tersediri yang masuk ketika kita pandang.

Benar, konsep color grading inilah menjadi tantang para content creator, akan tetapi mungkin hal ini akan terbiasa kalau kamu sering melakukannya.

Color Grading Premiere Pro

Mungkin kamu sudah mengetahui aplikasi edit video pc tidak lah sedikit, melainkan ada beberapa yang kita tinggal pilih.

Premiere Pro! Yash, ini menrupakan software edit video yang sangat populer diseluruh dunia dari produk Adobe system.

Segala macam fitur ditawarkan membuat editor professional nyaman menggunakannya, karena premiere pro sudah support file preset untuk memudahkan kreator.

Tools apa saja untuk membuat color grading di premiere pro ?

  1. Lumetri Color
  2. Orage and Teal
  3. Brightness / Contrast
  4. Hue Saturation
  5. Curve
  6. dan masih banyak lainnya.

Ada beberapa keunggulan ketika memainkan fitur yang telah disediakan, ini tanpa menggunakan preset atau plugin tambahan.

Sebetulnya bawaan dari premiere pro itu udah cukup. Asalkan paling penting mempunyai footage yang sangat bagus apalagi video keadaan mode flat.

JIka kamu konten kreator mempunyai kamera sony itu sudah sangat lebih dari cukup, karena fitur sony sudah mendukung fitur video menjadi flat atau netral.

#0 – Lumetri Color Grading Premiere

KIta akan menerapkan LUT creative yang sangat power full, sudah lengkap sekali hanya menggunakan lumetri color untuk mengubah footage.

Penggunaan dari tools lumetri color tidak lah rumit kok, kamu tinggal mengatur pewarnaan yang lebih mendekati ke video tersebut.

Kalian bisa bereksperimen dengan tools lumetri color disana terdapat fitur turunan lagi seperti creative, level shadow,sharpen dan lainnya.

#1 – New Project, Import, Workspace

Langkah awal pastinya harus membuat dulu project baru sebelum mengedit video, mungkin kamu akan udah tahu kalau telah mempelajari cara edit video di premiere pemula. Seperti biasa, ikutu langkahnya dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Adobe Premiere Pro > New Project
  2. Disana bisa membuat New Sequence > Pilih resolusi sesuai keinginan.
  3. Untuk import video sangat mudah tinggal menuju menu File > Import ( Ctrl + I )
  4. Tunggu beberapa saat dalam mengimport videonya

Tips : Usahakan mentahan video tidak terlalu mencolo dari segi pewarnaannya, misal yang sudah dibahas tadi menggunakan footage flat. Hal ini menentukan dari hasil color grade, lebih baik video mentahan mode flat saja.

Kita akan merubah workspace kedalam mode Color, tinggal menuju ke menu Window > Workspace > Color secara otomatis akan berubah tampilan laman kerjanya.

Lumetri Color di Premiere Pro

Ada banyak yang kita bisa lakukan dengan fitur yang telah disediakan, semisal dengan memainkan Adjusment. Tapi saya ingatkan gunakan Adjusment layer sebelum color grading.

#2 – Adjusment Layer, Mengatur Komposisi di Creative

Pada kolom Project, silahkan New Item > Adjusment Layer  > untuk video setting pilih sesuai ukuran dari resolusi sequence tadi. Anda tinggal menaruh Adjusment dibagian atas video footage yang ingin di grade.

Disana ada beberapa pengaturan yang bisa kamu gunakan, ‘Adjusment’ terdapat fitur ‘Faded Film’ tinggal atur dari 0.0 ke angka yang lebih besar.

Fungsinya akan menambah tampilan cinematic look, mungkin bagi kamu mempunyai video mentahan yang terang bisa gunakan Faded Film.

Ada juga ‘Sharpen’ ini memberikan effect ketajaman dari suatu videom, misal footage anda kurang tajam tinggal memperbesar angkat di sharpen, lihat perbedaannya.

Sisanya seperti ‘Vibrance’, ‘Saturation’, ‘Shadow Tint’, dan ‘Highlight’ bisa langsung coba keunggulannya, kamu harus pintar mengatur komposisi warna dengan menyesuaikan footage yang ada.

#3 – Orange and Teal 

Untuk pewarnaan orange dan teal sangat populer digunakan oleh para editor, mungkin kamu yang baru mengenali bisa menonton video dibawah ini.

Ada beberapa fitur menakjubkan lainnya yang terdapat di adobe premiere pro, kamu bisa bereksplorasi lagi sesuai kemampuan kreatifitasnya.

Langkah terakhir jangan lupa untuk melakukan rendering atau export video premiere pro sesuai kebutuhan kamu. Mungkin itu saja beberapa cara menggunakan color grading di premiere pro. Kalau kamu merasa kesulitan atau hal lainnya bisa berdiskusi dalam kolom komentar ya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar