Cara Edit Video di Adobe Premiere Pro

Cara Edit Video Menggunakan Adobe Premiere Pro – Sudah tidak asing lagi software editing besutan dari Adobe System banyak pengguna. Pasalnya dari fitur Adobe Premiere Pro sudah dapat menunjang para content creator untuk sekedar membuat video, bahkan sampai project film.

Jika Anda ingin menjadi seorang penggiat video kreatif professional memang sangat cocok menggunakan software adobe premiere. Pada penggunaan memang sangat mudah dari user interface yang sangat simpel dan elegan menurut kami.

Apa saja yang akan di dapat dalam software ini ? Anda bisa menambahkan color correction, animation, effect, transition, include Adobe Audition atau hal yang kebutuhan lainnya untuk editor video. Jujur saja kami saat ini dalam mengedit video lebih sering menggunakan Adobe Premiere Pro.

Tidak lupa segi hal resolusi sudah support pengeditan 4K (Ultra HD), keren bukan ? Paling penting sih, menurut ogasite adalah penggunaan color correction untuk mempercantik tampilan warna video yang akan dihasilkan terlihat natural dan indah dipandang.

Namun, pada tutorial mengedit video kali ini kami tidak akan menjelaskan lebih detail sampai color correction, melaikan mengedit video untuk pemula atau pengenalan awal. Bagaimana sih edit video di Adobe Premiere dan apakah mudah dimengerti atau tidak.

Hal yang paling mendasar disiapkan adalah Anda mempunyai source video, baik itu Anda mengambil sendiri dengan kamera smartphone, kamera dan lainnya atau menyiapkan video dari sumber yang sudah ada. Setelah itu Anda harus mempunyai softwarenya bisa lihat disini https://www.adobe.com/in/products/premiere.html menggunakan versi trialnya.

Cara Edit Video di Adobe Premiere Untuk Pemula

Ada beberapa hal sangat penting dari penggunaan Adobe Premiere Pro yang memang harus Anda ketahui, dalam segi aspek spesifikasi komputer yang Anda gunakan saat ini. Ogasite sangat merekomendasikan menggunakan komputer dengan RAM minimum 4GB, dan Prosessor Intel Celeron dual Core atau yang setara. Pastinya spesifikasi diatas rekomendasi tentu akan lebih bagus untuk dijalankan, apalagi sudah menggunakan storage ssd.

1. Buka Adobe Premiere Pro di komputer Anda, Pilih “New Project” untuk memulai editing video. Lalu Anda bisa menambahkan Nama Project itu, Lokasi penyimpanan file project, dan settingan lainnya.

Cara Membuat Project di Adobe Premiere

2. Sebelum melakukan editing, kita membuat Sequence ( Ctrl + N ) atau dalam istilah lain ini di ibaratkan seperti scene. Belum paham juga ? atau gini deh, Anda punya video Episode 1, Episode 2, dst..

Nah Anda bisa menyimpan ke 3 episode tersebut dalam 1 Project file Adobe Premiere. Ketika dibuka Misal Sequence 1 adalah file editing episode 1, Sequence 2 dari file editing episode 2, dan seterusnya.

Cara Membuat Squence di Adobe Premiere

3. Pada tahapan Suquence ini bagian yang paling penting menurut kami, kenapa ? Karena kita akan memilih resolusi editing.

Kita tinggal sesuaikan dengan file video yang dimiliki, misal Anda mempunyai video Resolusi 720p atau 1080p dengan 30 FPS ( Frame rate per second ) dan silahkan memilih 1080p30 atau 720p30 tergantung video yang Anda punya.

Sebentar, bagaimana cara mengetahui ukuran resolusi dengan Fps itu ? Pergi ke lokasi file klik kanan pada video dan Properties > Details > disana terdapat informasi yang sudah mencakup dari resolusi hingga Fps.

File yang kami gunakan adalah 720p30 – Silahkan Anda bisa mengganti nama Sequence 1 misal dengan Episode 1 atau Scene 1 terserah ya. Lalu tekan saja OK.

Cara Membuat Squence di Adobe Premiere

4. Ini merupakan tampilan awal dari Adobe Premiere Pro, Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia dibawah ini. Salah satunya paling penting adalah Timeline (Sequence) > dimana untuk menyatukan video yang akan kita edit dan menambah effect ataupun suara.

Tampilan Utama Adobe Premiere

Import Video Kedalam Project

5. Rasanya percuma saja kalau belum import video kedalam Adobe Premiere Pro, apa yang mau kita edit ? Kalau tidak ada videonya. Silahkan Anda menuju menu File > Import ( Ctrl+I ) dan pilih video sesuai lokasi yang kamu simpan ya.

Import Video di Adobe Premiere

6. Setelah mengimport video kedalam project, secara otomatis Adobe Premiere akan menyimpan video Anda di kolom Project – Nama Project seperti dibawah ini.

Kolom Project di Adobe Premiere

7. Bahan video yang anda ingin edit sudah ditampung di kolom Project, Tugas Anda sekarang adalah memindahkan video kedalam timeline dengan cara Drag and Drop video.

Hasil Import Video di Adobe Premiere Pro

8. JIka anda berhasil melakukan Drag and Drop Video akan tampil seperti dibawah ini, Kita bisa melakukan beberapa kali dengan sesuai kebutuhan.

Drag And Drop Video Project ke Timeline

9. Mengenal fungsi tools dalam timeline yang menunjang kebutuhan editing, akan tetapi tidak akan semua digunakan dalam pengeditan, patokannya dalam penggunaan mouse Anda.

Tools Timeline

Pemotongan Video didalam Timeline

10. Untuk pemotongan durasi video berada di timeline, Anda bisa menggunakan tools yang telah tersedia di timeline dengan Trim tool. Atau juga Anda bisa memotongnya dengan cara arahkan cursor ke ujung video sampai seperti tanda yang didalam kolom berwarna merah, lalu tinggal drag saja sesuai keinginan.

Pemotongan Video di dalam Timeline Adobe Premiere

11. Adapun kita setelah drag ujung video yang akan dilakukan bisa mengurangi durasi video ataupun memulihan video tersebut yang telah kita potong tadi.

12 .Kita busa perhatikan terdapat dua kotak pada kolom V1 mendakan Video 1, dan A1 adalah Audio 1, yang dimana ini saling keterkaitan. Anda bisa menghilangkan audio dengan cara klik kanan > Unlink

Cara Memisahkan Audio didalam Video Pada Timeline

13. Secara default atau bawaan sebelum di unlink, video dan audio ketiga di geser secara bersamaan tergeser, sedangkan setelah di unlink akan bisa seperti dibawah ini dan Anda bisa menghapusnya.

14 .Lakukan penyusunan video secara bertahap dengan sebagaimana gambar dibawah ini, Pada kolom A1 atau Audio anda bisa menambahkan sebuah musik ataupun Sound FX sesuai keinginan.

15. Kita pindah kedalam kolom Project > Klik Kanan > Import (Ctrl + I) audio yang sesuai keinginan Anda. Pada cara ini kita akan menambahkan musik dalam edit video di Adobe Premiere.

Menambahkan Musik atau Audio di Timeline

16. Bisa dilihat kolim dengan berwarna hijau adalah sebuah audio atau musik yang kami tambahkan didalam timeline. File musik atau audio tersebut terdapat dari import yang telah saya siapkan dan seperti cara sebelumnya adalah di Drag an Drop.

17. Audio terlalu panjang bukan ? Anda bisa menggunakan Trim Tools untuk memotong audio ataupun video yang terlalu lebih. Perhatikan dalam kolom berwarna merah, merupakan tanda audio yang akan dipotong.

Menambahkan Effect di Adobe Premiere

Kita akan sedikit mempercantik opening video dengan menambahkan suatu effect yang telah di sediakan di Adobe Premiere.

1. Anda bisa menuju menu Windows > Effect ( Shift + 7 ) > dan bisa dilihat nomor 2 merupakan kolom dari Effect tersebut.

2. Untuk menambah effect pada video, kita akan gunakan yang sering dipakai pada umumnya yaitu Effect Cross Disolve, Lalu anda tinggal drag and drop ke bagian setiap ujung video.

3. Jika sudah di drag ke dalam timeline maka hasilnya seperti ini. Oh iya, Anda juga bisa mengatur effect sesuai keinginan dalam hal durasinya.

Membuat Text atau Tulisan di Adobe Premiere

Text atau tulisan merupakan sebuah element yang sangat penting dalam pembuatan video, karena akan menambahkan suatu informasi yang dapat dilihat oleh orang lain.

Oleh karena itu, pada tahapan ini kami akan menambahkan text atau title di video yang kita sedang edit ini.

1. Silahkan Anda pilih File > New > Legacy Title ( Untuk Adobe Premiere Versi CS6 atau CC 2014 pada bagian menu title )

2. Untuk mengisi nama, SIlahkan bebas terserah Anda dan “OK”.

3. Pilih Text dan Klik pada bagian layar hitam, dan Anda bisa mengetik text pada bagian nomor 2.

4. Untuk contohnya seperti ini Anda dapat merubah format text, ukuran text, warna text, dan masih banyak fitur yang lainnya.

5. Jika sudah langsung Close saja.

6. Apakah langsung otomatis ada textnya ? Tidak. Anda harus kembali drag and drop title yang sudah dibuat tadi. Untuk caranya sama saja seperti pada langkah sebelumnya.

7. Simpan pada bagian atas video editing Anda, seperti pada timeline dibawah ini terdapat nama “Title 01”

Jangan lupa kita beri Effect Cross Disolve lagi pada awal dan ujung title.

Untuk langkah cara export video, Anda bisa membaca pada artikel lanjutannya yang telah kami siapkan link dibawah.

Artikel Lanjutan : Cara Export Video di Adobe Premire Pro

Anda bisa melanjutkan cara edit video di Adobe Premiere Pro CC dengan melanjutkan artikel yang telah kami sediakan. Jika masih bingung pada penjelasan ini Anda bisa Komentar dibawah ini.

4 pemikiran pada “Cara Edit Video di Adobe Premiere Pro”

Tinggalkan komentar