Membuat Credit Title dan Running Text di Premiere Pro

Ogasite.com – Untuk pembuatan film atau dokumenter biasanya terdapat sebuah credit title di bagian akhir video. Pembuatan credit tersebut untuk menandakan pembuatan film atau video dari sang team kreator.

Jadi sebuah karya memang memiliki identitas hak cipta yang harus kita apresiasi, karena memang membuat sesuatu tanpa mencantumkan credit title itu berpotensi pencurian dan di klain oleh orang tak bertanggung jawab.

Ketika membahas credit, mencantumkan sebuah text saja itu bisa dikatakan credit title. Mungkin satu atau dua orang bakalan masih mua di bagian vidoe tersebut.

Nah bagaimana cara membuat credit yang menggunakan efek animasi seperti pada film atau video dokumenter yang sering kita lihat?

Pastinya anda seorang yang belajar creator video menggunakan software adobe premiere pro akan mencari secara otodidak di internet untuk membuat credit text.

Pada artikel kali ini kita tidak hanya membuat credit, tetapi akan membagikan tips untuk membuat running text seperti pada berita televisi, karena dari metode pengedit sangat mirip dengan credit.

Tentu ini sangat menarik, karena pengedit kali ini sudah masuk ke tahap animasi.. Walaupun sederhana yaa hehe..

Hal ini sudah dilakukan oleh saya sebelumnya, jadi sebelum membuat tulisan ini mencobanya terlebih dahulu apakah berhasil atau tidak.

Ada beberapa trik yang saya akan kasih tau kepada anda untuk bisa membuat credit text di premiere pro ini, langsung to the point..

Cara Membuat Credit Title di Adobe Premiere Pro

Jika anda masih pemula atau baru mengetahui adobe premiere, saya sarankan untuk membaca software ini dari dasar terlebih dahulu.

Baca Juga : Tutorial Pengenalan Adobe Premiere Pro untuk Pemula

1. Buatlah title dengan fitur Legacy, Pilih menu File > Legacy Title.

2. Untuk tampilan Legacy Title akan seperti ini, ada beberapa fitur yang lumayan lengkap bagi anda membuat text sesuai keinginan.

3. Silahkan anda buat text sesuai keinginan untuk closing credit, contohnya saya membuat format seperti pada umumnya dengan tulisan kebawah.

Jadi bagaimana konsepnya text tersebut bisa berjalan sendiri dari bawah ke atas, karena memang kalau menggunakan effect control di position akan ribet.

4. Solusinya pilih kebagian menu satu, di tanda panah ujung kiri atas.. Ketika setelah di klik akan ada jendela Roll/Crawl Options.

Pilih Roll > Jangan lupa Timing (Frame) Checklis Start Off Screen dan End Off Screen.

5. Kalau sudah membuat text pada bagian legacy title, akan disimpan secara otomatis di bagian kolom project. Anda tinggal drag and drop seperti biasanya kedalam timeline.

6. Play dibagian timeline maka credit text anda akan berjalan sesuai rencana awal, sekedar tips saja untuk kalian. Semakin panjang durasi legacy title di timeline maka akan lambat dari munculnya text tersebut. Sebaliknya kalau durasi waktu sedikit akan lebih cepat.

Itu tergantung kebutuhan anda, karena memang harus menyesuaikan juga bagaimana text itu panjang atau tidak.

Ketika di geserkan akan terus maju, sehingga text tersebut akan hilang menuju atas video. Legacy title di timeline saya sengaja di tambah durasinya untuk alur lebih lambat.

Nah begitu aja cara membuat credit title untuk bagian closingan sebuah video dokumenter ataupun film. Sekarang kita akan membuat running text atau text berjalan pada bagian video.

Biasanya menggunakan running text ini ketika membuat video berita, jurnalis, ataupun memberikan informasi kedalam video untuk disampaikan kepada penonton.

Cara Membuat Running Text di Premiere Pro

Untuk metode implementasi sama aja seperti langkah sebelumnya, akan tetapi kita hanya merubah dalam Roll/Crawl Options.

1. Text sebelumnya jadikan lurus ke samping dulu yaa, atau tanpa ada enter sama sekali. Bisa ditiru seperti dibawah ini.

2. Bagian inilah kita akan merubah dari sebelumnya, berawal dari Roll rubah ke Crawl Left . Kenapa? Jadi text tersebut akan melaju ke arah kiri, seperti pada umumnya dalam video pemberitaan muncul pada bagian sisi kanan menuju arah kiri.

3. Hasilnya akan seperti apa yang di video pemberitaan, mungkin running text jarang sekali untuk digunakan ketimbang dengan credit title.

Mungkin itu saja tutorial yang dapat saya sampaikan kali ini dengan membuat credit dan running text di premiere pro dengan legacy title. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar