10 Tips Membuat Konten Blog yang Bagus

Konten yang bagus menjadi kunci utama agar blog kita terkenal. Terlebih untuk Anda yang memanfaatkan domain dan hosting murah untuk website bisnis. Di sini kami akan coba bahas bagaimana cara membuat konten menarik yang shareable, atau berpotensi di-share oleh audiens.

Ciri-ciri Konten Shareable

Pertama-tama, mari kita ulik terlebih dahulu apa saja ciri-ciri konten yang menarik perhatian audiens untuk dibagikan. Tujuannya agar Anda tahu jenis konten seperti apa yang berpotensi viral untuk dibuat.

Adapun ciri-ciri konten blog yang bagus dan shareable yaitu:

  • Kata-katanya mudah dipahami.
  • Mudah dibaca.
  • Bukan jenis konten plagiat.
  • Mudah diingat.
  • Mudah ditemukan di mesin pencari.
  • Menarik dan bermanfaat bagi pembaca maupun orang lain.

Cara Membuat Konten yang Mudah Dibagikan

Cara Membuat Konten Bisa di Share Oleh Audiens

Konten yang menarik dan shareable juga disarankan tuk website toko online murah. Pasalnya, konten bisa mengonversi pengunjung atau audiens menjadi pembeli. Tanpa berlama-lama, berikut tips membuatnya:

1. Buat Konten yang Informatif dan Menghibur

Artikel yang informatif tanpa menghibur terkesan kaku. Sedangkan konten yang menghibur tanpa adanya informasi yang menambah wawasan juga kurang menarik. Itulah kenapa keduanya harus menjadi unsur pembentuk artikel.

Jenis artikel semacam itu mudah sekali mendapatkan share dari audiens tanpa harus memintanya. Terutama untuk jenis-jenis tulisan yang inspiratif. Audiens akan senang membagikannya kepada orang lain.

2. Buat Artikel Panjang dan Detail

Artikel panjang umumnya sangat disukai oleh pembaca. Namun panjang saja tidaklah cukup. Panjang yang dimaksud yaitu mampu memuat informasi yang lengkap. Dengan begitu, audiens tidak perlu mencari sumber lain karena semua sudah dibahas di blog Anda.

Artikel tidak hanya sekedar panjang saja. Panjang artikel harus sebanding dengan kekayaan informasi yang ada di dalamnya.

Contohnya Anda ingin membahas seputar sepatu branded. Selain merekomendasikan list sepatu branded, jelaskan juga bagaimana tips membedakan sepatu branded asli dengan yang palsu.

Baca juga: Cara Membuat Blog di HP

Artikel panjang yang menghipnotis pembaca juga bagus untuk blog Anda. karena semakin lama mereka membaca tulisan Anda, blog Anda pun akan semakin bagus di mata mesin pencari.

Artikel panjang juga berpotensi membawa blog Anda menempati posisi pertama di mesin pencari. Pasalnya, kebanyakan website hanya menyajikan konten dengan tulisan-tulisan yang pendek dan seadanya.

3. Mengenal Audiens/Pembaca

Untuk membuat konten yang menarik dan viral, Anda harus memahami pembaca terlebih dahulu. Ketahui apa yang menjadi motivasi mereka untuk membagikan artikel pada blog Anda? Ketahui juga alasan kenapa mereka harus membagikan artikel Anda?

Jika Anda bisa menjawab dua pertanyaan di atas, maka Anda bisa membuat jenis konten yang berpotensi viral.

Ada beberapa alasan kenapa audiens membagikan sebuah artikel blog. Alasannya mulai dari sekedar hiburan, menambah wawasan, berbagi informasi, mendukung produk tertentu dan lainnya.

4. Perhatikan Pembuatan Konten

Agar artikel mudah di-share, perhatikanlah pembuatan konten di blog. Buatlah pembaca tertarik untuk membagikannya tanpa harus diminta. Caranya adalah membuat mereka tampak smart, membuat artikel yang bermanfaat, dan up to date.

Pastikan juga Anda membuat jenis artikel sesuai niche blog. Contohnya seperti blog wisata. Buatlah konten yang tidak lepas dari niche tersebut. Namun buat secara beragam agar artikel di blog Anda tidak membosankan karena membahas hal itu-itu saja.

Pastikan juga artikel yang dibuat mendapatkan trust atau kepercayaan pembaca. Karena trust dapat meningkatkan kemungkinan pembaca mau membagikan konten blog milik Anda.

5. Buat Pembuka yang Singkat, Padat, dan Jelas

Menurut survey, ternyata audiens di Indonesia hanya membaca sekitar 28% saja dari keseluruhan artikel. Artinya, intro atau pembuka artikel menjadi penentu apakah mereka akan melanjutkan membaca atau tidak.

Buatlah intro dengan jumlah 1 atau 2 paragraf yang singkat, padat, dan jelas. Gunakanlah paragraf pertama untuk mendapatkan perhatian dari audiens. Karena pada paragraf pertama inilah yang sangat menentukan.

Tipsnya adalah, buatlah paragraf yang langsung menjelaskan fakta menarik seputar isi konten. Anda juga bisa menambahkan ungkapan-ungkapan yang dapat memancing emosi dan rasa penasaran mereka.

Silahkan tambahkan kalimat tanya di paragraf pertama. Karena jenis kalimat ini, secara psikologis dapat memengaruhi minat audiens.

6. Terdapat Fitur Share Media Sosial Pada Blog

Pastikan template blog Anda sudah menyediakan fitur “share” ke media sosial. Fitur ini biasanya langsung tersedia pada halaman website, atau tepatnya di bagian bawah artikel.

Fungsi dari fitur ini yaitu memudahkan pembaca untuk membagikannya. Pastikan fiturnya lengkap untuk dibagikan ke berbagai media sosial. Dengan begitu, potensi artikel Anda dibagikan menjadi semakin tinggi.

Pastikan juga fitur “share” tersebut berfungsi dengan baik. Silahkan Anda cek dengan mengklik tombol “share” tersebut, apakah berfungsi atau tidak? Jika tidak berfungsi, silahkan optimasi terlebih dahulu.

7. Buat Konten yang Bisa Dipercaya

Seperti yang sudah sedikit kami singgung, trust merupakan faktor yang dapat meningkatkan potensi share artikel. Pembaca tidak akan tertarik untuk membagikan sebuah tulisan yang berkualitas rendah.

Seperti apa artikel berkualitas rendah? Contohnya seperti konten hoax. Artikel yang berisi hoax tidak cocok untuk jenis website toko online, dan jenis website apapun.

Sebagai bukti, silahkan Anda cek blog-blog ternama yang ada di halaman utama Google. Pilih salah satu blog kemudian lihat kualitas artikel yang sering dibagikan oleh pembaca. Rata-rata kualitas artikelnya bagus dan bermanfaat.

8. Cantumkan Gambar Pada Artikel Blog

Gambar menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah artikel blog. Pasalnya, konten blog tanpa gambar terkesan tidak menarik. Gambar bisa menjadi pemikat audiens yang membaca artikel Anda.

Namun, usahakan untuk menggunakan jenis gambar yang bersifat free. Anda bisa mencarinya di berbagai website penyedia gambar gratis. Artinya, jangan asal menggunakan gambar berhak cipta.

Baca juga: Cara Membuat Gmail di HP

Gunakan beberapa gambar jika diperlukan. Terutama untuk jenis artikel panjang, Anda harus menyesuaikan jumlah gambar dengan panjang artikel. Tujuannya agar pembaca tidak mudah bosan.

9. Mempromosikan Kembali Konten-Konten Lama

Anda bisa membuat konten lama yang sudah dibuat kembali populer. Caranya adalah dengan mempromosikannya kembali kepada audiens.

Hadirnya artikel baru akan menenggelamkan konten lama milik Anda. Agar konten-konten  lama dibaca lagi oleh audiens yang belum sempat membacanya, Anda bisa mempromosikannya.

Namun, Anda harus memperhatikan jenis artikel yang ingin dipromosikan kembali. Pastikan artikelnya tidak kadaluarsa. Pilihlah jenis artikel yang masih worth it untuk dipromosikan kembali.

10. Share Artikel di Media Sosial

Pancing audiens dengan membagikan artikel di media sosial. Dengan begitu, Anda tidak hanya mengandalkan mesin pencari saja untuk menjaring banyak pembaca. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menjaring audiens.

Teman di media sosial yang tertarik dengan artikel Anda, mereka akan membagikannya langsung. Terutama jika artikel dibagikan di Facebook yang merupakan medsos dengan fitur share paling efisien.

Baca juga: Cara Reset Password Gmail 

Silahkan Anda aplikasikan semua cara mendorong audiens untuk share artikel blog di atas. Tips di atas juga sangat cocok untuk Anda yang menggunakan hosting murah untuk jual beli online.

Tinggalkan komentar