Cara Membuat Background di Word

Cara Membuat Background di Word – Microsoft Office memberikan keleluasaan kepada penggunanya agar bisa mengembangkan dalam pembuatan draft laporan tertentu menjadi lebih menarik lagi.

Salah satunya dengan kita membuat background di word dapat menambah estetika dokumen ketika dibaca. Penggunaannya sering kita lihat pada sebuah dokumen laporan, proposal, cover awal bahkan berkas penting seperti piagam penghargaan (seritifikat).

Selain untuk kesan menarik, menambahkan background di word ini mempunyai tujuan tertentu seperti kebutuhan watermark atau berupa hak cipta tertentu.

Karena secara default background Ms Word hanya berwarna putih polos saja, pada dasarnya aturan dokumen tidak harus melulu menggunakan background melainkan teks saja juga bisa.

Dengan demikian ogasite akan sedikit sharing kepada kalian semua, pada artikel kali ini kita akan mempelajari untuk memperindah dokumen yang kita akan buat.

Cara Membuat Background di Microsoft Word

Ada beberapa langkah yang kita bisa gunakan tetapi satu dalam fitur tersebut, cuman yang berbeda adalah hasil tampilan setelah dilakukan nanti. Sebelum lanjut, langkah ini dapat dilakukan pada Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, Word 2013, Word 2016 hingga Microsoft Word 2019.

#1. Menambahkan Gambar Cover di Background Microsoft Word

  1. Buatlah dokumen baru pada Microsoft Word.
  2. Pilih menu Design > klik Page Color > Fill Effects.
    Pilih Pagecolor dan Fill Effects
  3. Klik pada tab Picture > lalu klik Select Picture.
    Memilih Picture
  4. Pada jendela Insert Picture pastikan untuk memilih From a file yang berada pada komputer kamu.
    From komputer
  5. Cari lokasi gambar cover yang ingin dijadikan background, bila sudah ketemu. Kemudian tinggal klik Insert.
  6. Klik tombol OK untuk menerapkan perubahan pada layout di Microsoft Word.
  7. Hasil dari penambahan desain cover ke layout telah selesai dan kurang lebih seperti dibawah ini.
    Hasil dari Covert
  8. Sebetulnya gambar yang sudah dimasukan telah berhasil, akan tetapi belum bisa ikut tercetak nanti saat melakukan Print Out Dokumen. Alternatifnya kita harus mengatur lagi pada pengaturan langkah selanjutnya.
  9. Klik menu File > dan pilih Options, Lalu ada pilihan Display > centang pilihan Print background colors and images.
  10. Klik OK untuk menyimpan pengaturan yang telah di rubah.

Seharusnya langkah tersebut sudah dapat digunakan, akan tetapi kita harus menyesuaikan background cover dengan ukuran kertas atau layout yang ada. Terkadang kalau background tidak pas, maka sebaiknya kita harus bisa menyesuaikan dengan ukuran pada kebutuhan tertentu.

Jika hasil tidak sesuai dengan keinginan kamu, tenang saja background dapat dihapus melalui menu Design > Page Color > kemudian pilih No Color.

Secara otomatis background akan hilang, dan kamu bisa menambahkan gambar lagi sesuai keinginan.

#2. Menambahkan Background Warna di Word

Langkahnya sangat mirip seperti diatas, yang membedakan kita hanya memanfaatkan warna yang telah disediakan dari Microsoft Word.

  • Pertama, kita pilih menu Design > Page Color.
  • Silahkan untuk memilih theme color sesuai keinginan.
    Memanfaatkan Background Warna di Word
  • Apabila warna yang tersedia kurang menarik bagi kamu, tinggal memilih opsi More color dan disana dapat pilih warna sesuai keinginan.
  • Nah, mungkin kamu yang suka background effect, silahkan pilih Fill Effects. Disana terdapat tiga fitur diantaranya gradient, texture, dan pattern. Tinggal pilih sesuai kebutuhan.
    Menggunakan Texture
  • Jangan lupa klik OK untuk mengubahnya.
    Hasil dari texture

#3. Membuat Watermark Tulisan di Ms Word

Mungkin kamu akan sering lihat watermark pada dokumen tertentu, sekarang kita akan mencobanya.

  1. Seperti biasa dengan memanfaatkan menu Design > klik Watermark > Custom Watermark.
    Menambahkan Teks atau Tulisan di Watermark
  2. Pilih Text watermark, untuk bahasa pilih Indonesia saja. Lalu pada kolom Text tinggal menambahkan tulisan sesuai keinginan kamu.
  3. Pengaturan lainnya kamu bisa memilih Font, ukuran dan Layout.
  4. Klik OK unmtuk membuat background menjadi ada watermark tulisan yang telah dimasukan.
    Hasil Watermark Tulisan
  5. Hasil dari diagonal akan miring seperti pada gambar diatas, kamu juga dapat memilih horizontal yang hanya datar seperti pada teks umum lainnya.
  6. Jika ingin menambahkan Watermark berupa gambar yang mungkin bisa seperti logo instansi, lembagai atau lainnya dapat memilih opsi Picture watermark.
  7. Seperti biasa tinggal Select picture dan cari lokasi logo atau gambar yang kamu simpan pada komputer.
  8. Mungkin hasilnya tidak akan berbeda jauh seperti dibawah ini.
    Hasil Watermark dengan Gambar
  9. Kenapa kotak? karena gambar yang dimasukan pada watermark berbentuk kotak. Watermark berupa gambar yang ditampilkan akan menyesuaikan.

Jika ingin merubah ukuran dari gambar dimasukan pada watermark tinggal memilih pengaturan Scale, kamu dapat menggunakan Auto atau 50% saja sudah cukup.

Bilamana terdapat dari masalah pada gambar itu sendiri, kamu dapat mengubah ukuran gambar menggunakan aplikasi tertentu. Misalkan Adobe Photoshop atau aplikasi bawaan seperti Paint.

Sebagai tips tambahan mungkin kamu mempunyai sebuah gambar format .jpg dengan bermaksud ingin menghilangkan background secara cepat tanpa software. Alternatifnya adalah kamu dapat edit background foto online yang hanya membuka situs saja dan secara otomatis website akan mengolah gambar menjadi transparan sesuai harapan.

Tinggalkan komentar