Memahami Tampilan Adobe Premiere Pro

Ogasite.com – Pada kesempatan kali ini saya akan sharing kepada teman-teman yang sangat dasar untuk mengedit video di premiere pro yaitu memahami tampilan premiere dengan baik.

Sebelumnya memang saya membuat tutorial editing bagi pemula, akan tetapi tidak menjelaskan secara detail khususnya pada tampilan premiere atau yang sering disebut dengan Workspace.

Jadi, pada tampilan premiere pro ini akan muncul dengan beberapa panel yang berbeda fungsi dan kegunaan untuk mengedit video di premiere.

Ada beberapa panel yang akan saya jelaskan secara singkat saja, tetapi mungkin anda akan memahami secara perlahan dengan workspacenya.

Workspace

Apa ini ? Workspace merupakan sebuah tampilan yang disediakan oleh Adobe Premiere Pro hendak kita akan mengedit sebuah video. Awal pertama sekali anda membukanya pasti akan kebingungan untuk memulai mengedit video di adobe premiere pro.

Inilah tampilan pertama atau first impression setelah membuka adobe premiere. Saya menggunakan Adobe Premiere Pro CC 2018, mungkin anda versi lebih rendah dari saya seperti CC 2014 atau CS6 akan berbeda jauh sekali.

Akan tetapi secara fungsi tetap sama, cuman membedakan yang semakin baru adalah dari tampilan lebih minimalis, disisi lain secara fitur berbeda.

Oke kembali ke topik, untuk mengetahui Workspace yang anda gunakan bisa melihatnya pada bagian menu Window > Workspace > dan disana bisa terlihat.

Ketika kita memilih Workspace Editing, maka secara otomatis Adobe Premiere Pro akan menyesuaikan kebutuhan editing seperti mengutamakan panel program, timeline, dan project.

dan apabila kita menggunakan Workspace Color, tampilan utama akan lebih mengutamakan panel kebutuhan Color Grading video di adobe premiere pro.

Atau juga seperti saya bisa mengklik pada sisi atas yang akan bisa merubah mode Editing, Color, Assembly, Audio, Graphics dan lainnya.

Memahami Tampilan Premiere Pro CC 2018

Kita setidaknya sudah mengenal apa itu workspace adobe premiere pro, nah sekarang kita akan mengenali bagian penting pada tampilan tersebut. Apa saja itu ?

Gambar diatas saya sudah memberi tanda dengan nomer untuk bagian-bagian yang sangat penting harus kita pahami sebelum mengedit video di adobe premiere pro.

1. Menu 

Ada banyak kegunaan pada bagian menu ini salah satunya membuat sequence baru, import video, export video, ataupun setting fitur dari premiere pro yang sudah disediakan.

Anda bisa merubah atau melakukan sesuatu untuk menunjang video editing dengan mudah, karena dari tulisan sudah jelas buat apa fungsi menu tersebut. Salah satunya tadi gambar diatas dengan mengatur Workspace di bagian menu Window.

2. Menu Workspace

Seperti yang anda lihat diatas, panel tersebut hanya memudahkan bagi editor untuk mengatur workspace sesuai keinginan tanpa harus menuju menu Windows saja.

Lebih tepatnya alternatif menu, akan lebih efisien saja ketika penggunaan fitur tersebut.

3. Source Panel 

Disini kita bisa melihat video preview sebelum kita edit dan dimasukan kedalam timeline. Jadi, pada bagian panel ini tidak hanya sekedar review video melainkan sudah disediakan fitur memotong bagian video tertentu, entah mau diambil audio atau videonya saja.

Tidak hanya itu, pada bagian source panel ini juga tersedia banyak tools yang akan berguna dalam proses editing untuk kedepannya.

4. Program Panel

Pada bagian program panel bisa membaca preview video yang telah di import kedalam panel timeline, waktu video ditentukan sesuai bar berwarna biru seperti dari gambar diatas.

5. Timeline Panel

Panel ini sangat berperan ketika kita mengedit sebuah video, jadi fungsi utamanya adalah kita menggabungkan video sesuai konsep yang sudah dirancang, anda bisa menambahkan efek visual, editing audio, ataupun kreasi lainnya dapat dituangkan kedalam timeline ini.

6. Audio Bar

Tempat melihat graphic audio kanan dan kiri, lebih utama adalah desibel dari audio tersebut apakah melebihi batas yang dianjurkan atau tidak.

7. Tools Editing

Ada beberapa tools yang sangat berguna untuk keperluan editing, salah satunya memotong video, selection tools, handtools, dan memanjangkan video pada bagian timeline panel.

8. Project Panel

Ini sangat penting untuk menampung video yang telah kita import pada penyimpanan, Jadi sebelum kita edit, bahan video mentah akan disimpan pada bagian project panel disana kita membuat folder.

Atau juga kita bisa menambahkan element seperti Adjusment Layer, Black Video, Color Video, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Cara Menyesuaikan Resolusi Video dengan Program Panel di Adobe Premiere Pro

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai penjelasan tentang tampilan atau workspace di Adobe premiere pro. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar