Cara Add Plugin di Adobe Premiere Pro

Ogasite.com – Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang cara edit video di adobe premiere, nah saat ini kita akan berbagi pengalaman cara import preset adobe premiere pro.

Apa itu preset ? Preset merupakan kumpulan item yang diterapkan pada sebuah karya seni yang dapat disimpan, dimuat, ataupun digunakan.

Pada dasarnya, preset ini seperti jalan pintas yang mengefektifkan kita dalam mengerjakan sesuatu tanpa harus membuat dari awal.

Preset dalam Adobe premiere pro sangat banyak kegunaan yang biasanya untuk membuat video yang menarik dan keren.

Cara penggunaan preset ini lumayan gampang, dengan kata lain kita hanya perlu mengimport preset dan siap digunakan.

Namun, tidak semua sembarangan preset akan digunakan, karena ada beberapa preset atau plugin kita harus membelinya.

Plugin ini berbentuk file ekstensi .prfpset secara khusus digunakan hanya bisa pada adobe premiere saja. Oleh karena itu, pastinya anda belum mengetahui untuk cara menambahkan plugin tersebut.

Bukan seperti aplikasi pada umumnya yang hanya melakukan instalasi pada komputer, melainkan kita harus membuka dulu software adobe premiere pro dan disanalah kita akan menambahkannya.

Nah, bagaimana sih cara menambahkan preset atau plugin di Adobe Premiere Pro ini ?

Cara Import Preset Adobe Premiere Pro

Saya rekomendasikan kepada anda untuk menggunakan premiere pro versi cloud creative yang minimum tahun 2014.

Perbedaan dari Premiere Pro CS6 ke Cc ini sangat berbeda jauh signifikan. Lagian, tampilan yang semakin baru akan lebih baik lagi yang terlihat modern.

Langkah Import Preset

1. Kita hanya memerlukan dengan membuat squence, kalau belum mengerti silahkan dibaca terlebih dahulu artikel kami sebelumnya tentang cara edit video di premiere pro.

2. Sudah di tampilan squence ? Langsung saja menuju panel kolom Effect , kalau tidak ditemukan cari dibagian Windows > Effects ( Shift + 7 ).

Silahkan untuk menuju kolom panel Effects, Klik kanan pada folder Preset > Import Preset. Jika anda tidak mempunyai preset, silahkan download disini.

Cara Import Preset Adobe Premiere Pro 01

3. Download preset yang telah kami sediakan, Anda tinggal extract dan pilih file seperti dibawah ini.

4. Tampilan berhasil import preset akan ada beberapa item yang siap digunakan.

Cara Penggunaan Preset Adobe Premiere

1. Buat item baru layer dengan cara New Item > Adjustment Layer.

2. Secara otomatis akan menyesuaikan resolusi yang telah kita pilih sebelumnya yaitu pada tahap membuat squence.

3. Simpan Adjustment Layer diatas video yang telah kita masukan kepada timeline, lalu Anda sebelah kiri dengan sebanyak 6 Frame dan sebelah kanan 5 Frame.

Pastikan video dibawah potong sesuai panjang dari Adjustmen layer.

Drag and Drop Preset dan Hasilnya

Untuk menggunakan preset ini, kita hanya memerlukan drag and drop saja kedalam bagian Adjusment Layer. Sebagai contoh saya menggunakan preset Swish 01, dan langsung saja tarik. Hasilnya seperti pada langkah dibawah ini ya.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang cara mengimport preset atau plugin di Adobe Premiere Pro. Tidak sampai disini, Insya Allah kami akan memberikan tutorial selanjutnya dengan menambahkan preset lainnya yang luar biasa.

Preset selanjutnya kami sudah menyimpan dengan baikm tinggal menggunakan saja. Mungkin Anda akan takjub untuk melihat preset berikutnya.

Tetap terus stay untuk memantau situs ogasite.com yang akan update setiap hari artikel yang menarik dan bermanfaat. Jika ini berguna bagi anda silahkan untuk share ke media sosial yang anda miliki dengan menekan tombol dibawah ini.

Tinggalkan komentar