Cara Memasang Al Quran di Word

Cara Memasang Alquran di Word dengan Mudah – Apa sih yang tidak bisa dilakukan pada zaman teknologi saat ini ?  Salah satunya adalah kitab suci Al Quran yang memang berawal dari lembaran kertas fisik seperti buku, semenjak adanya komputer ditemukan Al Quran bisa diakses melalui digitalisasi. Al Quran di Word merupakan salah satu kemudahan untuk kita sebagai umat muslim yang memang bisa menambahkan di Microsoft Word.

Hal ini sangat dibutuhkan bagi seseorang yang sering melakukan aktifitas membuat makalah, laporan atau semacamnya dengan konten berisi ayat Al Quran dan terjemahanya. Apalagi seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri ataupun Swasta harus bisa melakukan hal ini.

Berbeda dengan cara yang manual, Anda harus mencari ayat Al Quran disitus tertentu dengan metode copas ( Copy Paste ). Jujur saja, hal ini sangat tidak direkomendasikan oleh kami karena terlalu ribet dan harus memilih situs terpercaya.

Padahal ada cara lain dengan mudah dan sangat efisien, Anda tinggal membuka Microsoft Word dan memilh menu tertentu. Pada dasarnya Microsoft Word sudah menyediakan fitur Add Ons untuk menambahkan file ekstensi tambahan. Lalu bagaimana cara melakukan hal ini ? Untuk mengetahui lebih lanjut, Silahkan simak pembahasan dibawah ini cara menambahkan Al Quran di Word dengan mudah.

Cara Menambahkan Al Quran di Microsoft Word 

Secara penggunaan ini relative sangat mudah yang hanya membutuhkan klik menu saja tanpa harus copy paste atau segala macem yang ribet.

Pasti banyak pertanyaan dibenak Anda, dari mana sumber Al Quran yang akan diterapkan ? Apakah Terjemahnya sudah shahih atau sesuai ketentuan ? Apakah boleh menggunakannya ?

Kami jawab dengan sangat yakin, sumber yang di ambil untuk digunakan yaitu daru Kementrian Agama Republik Indonesia. Secara langsung kami mengunjungi situs resminya dan kita tidak usah ragu menggunakannya. Secara umum kita menggunakan Al Quran di Word ini seperti Mushaf Al Quran cetakan yang tersebar di Indonesia.

Terjemah dan Tafsir sudah sesuai standar Kemenag RI, Jadi ini bukan terjemah dari pihak tertentu melaikan dari Kementrian Agama RI yang sudah menjadi standar terjemah Al Quran bangsa kita. Baik, untuk tampilan website resminya seperti dibawah ini.

Unduh File Add Ins dan Font Sesuai Standar

Sekarang kita harus download file Add Ins dan Font Arab untuk install dikomputer kita, langkahnya Anda tinggal mengunjungi situs ini.

https://lajnah.kemenag.go.id/unduhan

Perlu di ingat, Anda harus download Font dan Add Ins nya dengan tekan tombol download berwarna hijau di situs kemenag tersebut.

Setelah Anda mengunduh kedua file tersebut, SIlahkan untuk di Extract dengan WinRAR atau BandiZIP supaya bisa membuka filenya.

1. SIlahkan buka file Font, Lalu lakukan instalasi dengan klik kanan > Install atau Install All For User

2. Install aplikasi QuranKemenagMsWord-64.1.0 dengan klik kanan > Run Administrator > Yes

*Catatan : 32 dan 64 adalah perbedaan bit, Jadi Anda apakah sistem operasi menggunakan 64 bit atau 32bit maka tinggal disesuaikan. Jika Anda pengguna Windows 7, kami sarankan untuk lankukan upgrade atau migrasi ke Windows 10. Caranya Anda bisa lihat artikel kami tentang cara menginstall Windows 10 untuk pemula.

3. Lakukan Next > Next saja dan tunggu proses instalasi sampai selesai.

4. Langsung saja pilih OK. Ketika proses instalasi selesai, secara otomatis akan membuka aplikasi Microsoft Word.

Pengaturan AlQuran di Word Kemenag

Ada beberapa pengaturan yang harus kita lakukan, supaya hasil dari output terlihat secara teratur.Jika Anda sudah berada dihalaman MsWord.

Langsung saja pilih Menu > Qur’an Kemenag.

Ini merupakan tampak pengaturan dari Alquran Kemenag di Word, Ada beberapa fitur yang kita bisa atur sesuai keinginan. Akan tetapi Anda bisa melihat dari pengaturan kami dibawah ini.

1. Sebagai contoh kami akan memilih Surat Al Baqarah dari ayat 1 – 5 yang pasti, tidak lupa untuk centang bagian Ayat Al-Quran dan Terjemah.

2. Pastikan tekan menu Tanda Kurung, Baris Baru, dan Nomor Ayat. Itu merupakan pengaturan sangat penting, Jika anda ingin lebih rapi atau seperti Juz Amma bisa memilih Selang Seling.

Ohiyaa, paling penting ketika sudah dalam pengaturan Anda bisa memilih Tombol biru Tampilkan secara otomatis ayat dan terjemah akan muncul.

Berikut hasil pada pengaturan diatas

dan ini merupakan hasil dari memilih menu Selang Seling, Jadi seperti Juz Amma atau Al Quran Terjemah perbaris bukan ?

Tidak hanya itu Anda juga bisa mengatur dari jenis Font atau menambahkan tafsiran Alquran. Mungkin itu saja sedikit informasi dari kami tentang cara menambahkan alquran di Word dengan mudah. Jika Anda masih kesulitan atau tidak mengerti silahkan untuk berkomentar dibawah ini. Semoga bermanfaat

 

Tinggalkan komentar