Cara Install Windows 10

Cara Install Windows 10 untuk Pemula – Windows merupakan sebuah sistem operasi populer ditengah masyarakat Indonesia maupun seluruh dunia. Ketika ada sedikit gangguan pada sistem, solusi paling tepat adalah untuk install ulang windows kamu supaya kembali berjalan normal.

Namun, sebagian orang akan merasa kesulitan dari tahap awal bagaimana sih cara install ulang windows itu ? Jangan khawatir. Ogasite akan menjelaskan dengan detail tahapan instalasi windows 10 dengan jelas sehingga dapat dipahami oleh kalian.

Apa saja sih yang harus kita siapkan untuk proses instalasi ? Berikut yang harus kita lakukan sebelum proses instalasi :

Persyaratan Tahap Cara Instalasi Windows 10

  1. Siapkan flashdisk ( Minimum kapasistas 8 Gb ).
  2. Harus mempunyai file ISO Windows terkait, Jika belum ada silahkan download dahulu disini ( Ukuran file sekitar 5 Gb ).
  3. Download aplikasi pihak ketiga “Rufus”.
  4. Backup data anda di Partisi C atau semuanya, karena Ogasite tidak bertanggung jawab kalau ada data hilang.
  5. Pastikan baca artikel ini dengan teliti, karena semua informasi yang kami sampaikan cukup penting.
  6. Siapkan secangkir kopi untuk menunggu proses Instalasi. Hehehe

Jika anda sudah menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, sekarang tinggal langsung memindahkan data sistem operasi ke flashdisk.

Cara Install Windows 10 

Menginstall Windows ini memang anda tidak bisa mendapatkan license secara gratis. Setiap OS harus membayar kecuali memang Linux memang sebagai penyedia sistem operasi open source.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu hendak installasi, seperti pemilihan Jenis hardisk yang di pakai. Apakah tipe MBR atau GPT, kalau anda tidak sesuai.. secara otomatis tidak bisa melakukan install windows.

Bagaimana cara mengetahui hal demikian ? Sebelum instal ulang windows, Anda harus cek dahulu bisa melalui command prompt. Tekan Windows + R lalu ketik Cmd dan pilih, sesaat pada tampilan Command Prompt anda ketik perintah DISKPART dan list disk.

Cara Instalasi Windows Untuk Pemula

Kita bisa perhatikan di tulisan Gpt, Jika tidak terdapat tanda * (bintang) berarti tipe hardisk MBR. Kalaupun terdapat tanda * itu tandanya bertipe Gpt. Setelah mengatahui tipe haridsk yang digunakan ini memudahkan dalam tahap instalasi Windows, karena dalam penggunaan software pihak ketiga akan terdapat pilihan tersebut.

Cara Install Windows dengan Flashdisk Untuk Pemula

1.Buka aplikasi Rufus yang telah anda download tadi, kalaupun belum ada bisa unduh disini. Pada tampilan Drive Properties, Anda akan disuguhkan beberapa fitur yang disediakan oleh rufus.

Menu Device akan secara otomatis mendeteksi flashdisk yang dipakai, dan Boot selection memilih lokasi file Windows berbentuk ISO. Nah, Partition Scheme untuk memlih tipe hardisk yang telah dibahas sebelumnya, Anda bisa memilih tipe MBR atau Gpt, ketika memilih salah satu dari kedua tipe tersebut secara otomatis fitur yang dibawah akan mengikuti dari pilihan hardisk Anda.

Setelah siap dalam pengaturan dari fitur aplikasi ini, kita tinggal memilih Start untuk memulai pemindahan files Windows menuju Flashdisk, tunggu beberapa menit dalam pemindahan files tersebut.

2. Pastikan anda mematikan laptop atau komputer terlebih dahulu, Jika masih hidup silahkan untuk melakukan Restart. Pada bagian ini sangat penting untuk membuka mode BIOS dengan cara F2, F2 + Del, atau F12 + Del. Silahkan pilih salah satu, kalau kami menggunakan F2 + Del, ini tergantung jenis motherboard yang digunakan.

Setelah membuka mode BIOS, silahkan untuk memilih Boot > Pastikan Device USB di Hardisk Priority paling atas. Jika masih dibawah, ada petunjuk untuk memindahkan posisi prioritas tersebut. Lalu, tekan Enter atau Restart lagi pada menu Exit > Exit Saving Changes.

3. Tunggu beberapa saat ketika Restart komputer Anda, Lihat apa yang terjadi. Ketika berhasil akan muncul pada bagian Windows Setup. Disini Anda bisa memilih bahasa, waktu, dan tipe keyboard.

Install Windows 10

4. Klik Next > Lalu pilih Install Now.

5. Karena kita tidak mempunyai lisensi Windows, langsung pilih I don’t have a product key.

Cara Instal Ulang

6. Pilih Jenis Sistem Operasi yang dibutuhkan, kita karena hanya buat rumahan bisa pilih Windows 10 Home. Kalaupun anda sudah Professional pilih yang Pro.

Ohiyaa, files Windows yang kami gunakan adalah x64 bit karena mempunyai spek hardware sudah diatas rekomendasi sistem operasi ini. Kalaupun Anda mempunyai komputer atau laptop spek minimal dengan RAM dibawah 4 Gb, disarankan untuk menggunakan tipe Windows x32 bit saja karena penggunaan akan lebih ringan.

7. Pastikan centang pada bagian I accept the licence terms, Lalu Next.

Memilih Menu Tahapan Installasi

8. Pada bagian ini sangat penting, Jika anda memilih pada menu pertama akan menginstal secara otomatis tanpa memperhatikan dimana menyimpan lokasi files Windows dan kemungkinan akan bisa menghapus semua data terdapat dikomputer Anda.

Sedangkan memluh Custom : Install Windows Only (Advanced) dapat mengatur sesuka hati dan tanpa kehilangan data pada hardisk. Jadi kita akan memilih pada menu kedua, dan klik seperti biasanya.

9. Pada bagian pengaturan partisi hardisk biasanya terdapat Partition 1, Partition 2, Partition 3 dan Partition System. Anda harus perhatikan sebelum instalasi dibagian Hardisk C berapa kapasitasnya dan berapa yang telah terpakai. Jadi itulah patokan kita sebelum menghapus bagian partisi C, Jika anda sudah yakin pilih Format > Pilih lalu Next.

Karena kami menggunakan hardisk baru dan belum terinstalasi apapun, Jadi terdapat nama Drive 0 Unallocated Space dan belum ada tipe Hardisknya.

Cara Install Windows 10

10. Jika format hardisk baru, pilih bisa dibagi dua partisi dengan cara inputan seperti dibawah ini. Lalu, pilih Apply.

11. Kalau sudah mengatur partisi hardisk, kurang lebih seperti dibawah ini. Kita tinggal pilih Next.

Cara Membuat Partisi Windows

12. Tunggu beberapa saat pada tahap instalasi, Anda akan menunggu sekitar 20 – 30 menit hinggap selesai.

13. Setelah tahap instalasi selesai, Anda bisa memilih ulang jenis Keyboard yang ingin digunakan.

14. Skip saja pada tahap ini.

15. Anda bisa menambahkan nama komputer yang sesuai di inginkan, Silahkan isi username pada bagian kolom ini. Jika anda ingin di password silahkan isi dan pastikan mudah di ingat.

Jika Anda tidak ingin menggunakan password, silahkan Skip saja.

16. Silahkan lakukan saja pada intruksi bagian berikut untuk memudahkan langkah proses instalasi cepat selesai.

Instalasi Windows 10

17. Setelah menunggu beberapa menit, Jika selesai akan seperti dibawah ini dan Selamat install Windows 10 anda berhasil.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 10 dengan Lisensi Key Permanen

Kesimpulan

Penggunaan windows 10 ini sangat direkomendasikan untuk zaman sekarang ini, karena Microsoft akan terus mengupdate sistem mereke untuk menjaga kestabilitasan dan mencegah malware masuk kedalam sistem. User interface dari windows 10 juga sangat keren dan modern.

Jadi, bagi Anda pengguna Windows 7 atau 8 segera untuk pindah melakukan tahap install windows 10 yang akan mempunyai fitur tertentu.

Kurang lebih begitu tampilan dari Windows 10 lebih modern dari sebelumnya. Jadi dengan menyiapkan beberapa langkah Anda sudah bisa install Windows dengan mudah tanpa hambatan apapun. Jika Anda masih ada pertanyaan atau kurang mengerti dalam tahap instalasi, Silahkan berkomentar dibawah ini dengan mendahulukan tata krama. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar