Scan Dokumen di Android

Cara Scan Dokumen di Android dengan Mudah – Dokumen secara hardcopy atau bentuk fisik memang sangat diperlukan untuk kebutuhan tertentu sebagai persyaratan tugas laporan, melamar pekerjaan atau masih banyak lainnya. Secara pasti sebelum adanya hardcopy berawal dari softcopy dengan membuat dokumen melalui aplikasi office.

Tapi bagaimana ketika keduanya diperlukan ? Jadi anda harus print dokumen secara hardcopy langsung di scan hasilnya bentuk file software digital. Kalau ini dilakukan kepada orang awam tentang teknologi ini hal yang rumit, kenapa ?

Mereka akan beranggapan cara scan dokumen bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah mesin scanner atau printeran yang mempunyai scanner. Memang ini cukup ribet, Anda harus mempunyai sebuah komputer dan mesin scanner untuk bisa scan dokumen menjadi soft file yang di inginkan seperti format PNG, JPEG, ataupun PDF.

Lantas bagaimana cara menggunakan langkah alternatif selain yang disebutkan tadi ? Apakah bisa dilakukan ? Sesuai judul kami, Anda sudah mengetahui dan apa yang sedang Anda cari di mesin pencarian. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara scan dokumen di Hp Android dengan mudah.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, secara pasti Anda harus mempunyai ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan aplikasi scanner Android. Jadi, aplikasi ini tidak terlalu besar yang hanya beberapa Mb saja yang tidak harus membutuhkan raung penyimpanan kapasitas besar.

Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android

Bagaimana bisa scan dokumen lewat hp android ? Secara teori, scan sama saja seperti halnya kita memfoto sebuah objek tertentu. Oleh karena itu, peran dari kamera hp akan dibutuhkan ketika proses scan foto atau dokumen tertentu.

1. Silahkan untuk install aplikasi CamScanner di Google Playstore, bisa di unduh secara gratis kepada pengguna.

Judul dari aplikasi tersebut sudah meyakinkan kita merupakan aplikasi sebagai Mesin Fotokopi, Scan ke PDF secara gratis. Lagi pula, rating dari CamScanner hampir sempurna yang berarti aplikasi ini sangat bagus ketika digunakan oleh orang lain.

2. Setelah proses instalasi Anda tinggal membuka aplikasi CamScanner dan tampaknya seperti ini.

3. CamScanner akan menawarkan beberapa fitur dengan berbayar, Akan tetapi kita akan memilih secara gratis degan pilih menu Skip.

4. Jika anda Register atau mendaftar ke aplikasi CamScanner akan ditawarkan penyimpanan internal secara gratis yang tidak lebih dari 1 Gb. Tetapi kami memilih tidak mendaftar dengan memilih Use Now.

5. Untuk memulai Scanning pilih menu dibawah Start Scanning.

6. Ketika memulai Anda akan ditawarkan melihat cara penggunaan dari aplikasi ini dengan melalui Demo. Jika belum mengerti silahkan ikuti intruksi tersebut, akan tetapi kalau Anda sudah sedikit paham bisa close saja.

7. Tampilan yang digunakan seperti halnya Anda sedang memfoto sebuah objek, Namun dengan aplikasi mesin scanner ini akan berbeda. Secara fungsi akan otomatis mendeteksi dokumen mana yang akan di scan. Pilihan pertama kami mencoba menggunakan fitur Book dan tampilannya seperti dbawah ini.

Penggunaannya cukup mudah, Anda harus bisa menyelaraskan posisi yang telah ditentukan. Setelah itu tinggal memilh tombol Shutter dengan icon Camera.

8. Hasil bagus atau tidak tergantung dari posisi pemotretan Anda. Semakin bagus posisi yang diambil maka semakin bagus hasilnya.

Cara Scan Dokumen Menggunakan Aplikasi CamScanner

9. Setelah menggunakan fitur Book, kami mecoba menggunakan fitur document yang telah tersedia di aplikasi CamScanner.

10. Anda juga bisa menyesuaikan posisi dokumen yang akan diambil. Setelah itu, pilih Next dan keluar hasil nya

11. Kalau memang sudah berhasil atau sesuai dengan keinginan, Tinggal save saja dan secara otomatis akan tersimpan di penyimpanan hp Anda.

Ketika penyimpanan dokumen secara otomatis akan tersimpan dengan format gambar JPEG, Akan tetapi Anda bisa mengubah menjadi PDF dengan memilih menu PDF dibagian atas. Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang cara scan dokumen dengan hp di android. Jika anda masih bingung atau kurang mengerti bisa menanyakan dengan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar