Ukuran ID Card

Saat ini kartu nama hampir digunakan setiap institusi atau organisasi sebagai tanda pengenal, tentu membuatnya harus tau ukuran id card sesuai standar.

Karena sangat penting dari penggunaan ukuran id card yang sebagai standar relevan sudah digunakan secara umum.

Id card ini mempunyai beberapa informasi tertentu dengan tergantung kebutuhan.

Oleh karena itu peran kartu nama begitu besar terhadap industri percetakan yang membuat adanya permintaan sangat tinggi.

Standar Ukuran ID Card / Kartu Panitia

Pada tulisan ini akan mencantumkan size dimensi yang sering di pakai oleh orang indonesia.

Ukuran kartu panitia atau id card bisa digunakan oleh kamu untuk keperluan tertentu, berikut informasi mengenai detail standar id card.

Ukuran dalam mmUkuran dalam cmPenggunaan
85,60 x 53,98 mm (Standar ISO )8,56 x 5,39 cmKTP, KTP Elektronik, ATM, Kartu Debit, Kartu Kredit
90 x 53 mm9,0 x 5,3 cmKartu Nama Perusahaan, Kartu Mahasiswa
105 x 74 mm10,5 x7,4 cmKartu Panitia, Name Tag

Penggunaan ID Card Secara Umum

Desain ID Card CDR FREE
Design by Ogasite.com

Sebetulnya tidak semua ID Card atau name tag mempunyai dimensi yang sama disemua negara, karena kembali lagi kepada kita yang menyesuaikan fungsi dan penggunaannya untuk apa.

Ada banyak jenis ID Card yang sesuai standar internasional telah ditetapkan oleh International Organization for Standars atau yang biasa kita kenal adalah ISO.

ISO juga menerangkan bahwa karakteristik dan ciri terhadap fisik ID Card yang meliputi:

  • Kelenturan
  • Resistensi terhadap air
  • Bahan kimia
  • Suhu dan kelembapan

Jika kita klasifikasiikan berdasarkan bahan kertas atau secara fisik yang digunakan, maka ID Card memiliki detail seperti dibawah ini.

#1 – Kertas ID Card B1

Ukuran kertas tersebut bisa dikatakan tergolong kecil di seri B, dengan detail 10,2 cm x 6,5 cm saja. Untuk jenis kertas B1 sering digunakan seperti mencetak sebuah kartu panitia dalam acara tertentu yang dikaitkan dengan tali lanyard.

#2 – Kertas ID Card B2

Berbeda dengan ukuran kertas ini yang mempunyai ukuran 12,6 cm 7,9cm dengan artian sedikit lebih besar dari kertas B1. Kertas ini masih digunakan sebagai mencetak kartu panitia yang mempunyai komponen konten lebih lengkap.

#3 – Kertas ID Card B3

Masih membahas ukuran kertas seri B yang sering digunakan oleh perusahaan tertentu dalam mengadalam sebuah event. Dasarnya memiliki size yaitu 12,6 cm x 9,5 cm yang cocok dalam penggunaan desain keanggotaan bersifat eksekutif.

#4 – Kertas ID Card B4

Membedakan dari kertas seri B lainnya, size ini memiliki keunikan yang lebih besar. Berkat ukurannya yaitu 13,5 cm x 9,5 cm sebagai dimensi asli. Untuk cover plastik memiliki berukuran sekitar 15 cm x 10.5 cm.

Implementasi Ukuran Standar ID Card

Desain ID Card Profesional

Jika kamu ingin mengimplementasikan ukuran id card tertentu dengan membuat sebuah desain id card atau name tag yang bisa kalian terapkan secara sistemas.

1. Membuat Desain

Sebelum kamu untuk mengatur ukuran, mungkin harus membuat desain terlebih dahulu dengan menggunakan warna tertentu, font id card yang cocok, hingga penempatan foto.

Ada banyak aplikasi desain grafis yang kita bisa manfaatkan seperti CorelDRAW, Photoshop, Ilustrator dan lainnya.

2. Mengatur Variasi

Kembali lagi kepada kreatifitas kamu dalam membuat desain id card, karena kualitas yang baik jangan sampai terjadi penambahan foto yang buram misalnya.

Setelah foto telah dipilih beberapa yang terbaik, kamu bisa memasukan dan mengatir variasi desain seperti path, object, warna dan hiasan tertentu.

3. Menyesuaikan Ukuran

Pada aplikasi desain yang kamu gunakan biasanya akan ada fitur untuk menghitung ukuran object tertentu.

Entah dalam format pixels, centimeters, millimeters yang memudahkan kamu dalam membuat ukuran kartu nama, Semua aplikasi sudah mensupport langsung print.

Jika kamu mengetahui beberapa ukuran ID Card sesuai standar internasional, mungkin bisa membuat desain kartu nama sendiri.

Dengan kata lain mengetahui dimensi size, maka kamu tidak akan ragu ketika ingin membuat desain.

Tinggalkan komentar