Cara Shutdown Otomatis Windows 10

Ogasite.com – Bagi pengguna Windows sudah tidak asing lagi untuk mematikan perangkat secara manual atau menggunakan tombol fisik secara langsung. Pernahkah Anda shutdown otomatis melalui fitur yang disediakan Windows?

Ini akan menjadi pembahasan menarik, mungkin Anda pernah mengalami untuk menunggu komputer selesai bekerja entah download file, rendering video yang terlalu lama sehingga dalam kondisi tertentu Anda tidak bisa menunggunya lagi hanya untuk mematikan Windows setelah proses itu selesai.

Hal ini yang pernah dirasakan oleh saya bertanggung jawab komputer harus keadaan mati keesokan harinya, tetapi pekerjaan rendering harus selesai.

Waktu itu tidak mungkin untuk menunggunya lagi karena sudah terlalu larut malam saya harus pulang kerumah. Untuk mengatasi ini ternyata Windows menyediakan fitur shutdown otomatis dengan pengaturan waktu yang kita mau.

Jika memang terlalu sering melakukan aktifitas seperti ini dalam setiap hari, bayangkan kalau komputer yang Anda gunakan tidak pernah dimatikan.

Mungkin kalau memang bukan komputer khusus seperti Server, akan mengalami penurunan umur penggunaan semakin pendek.

Tidak hanya itu, komputer akan terus menyedot listrik secara berlebih sehingga pemborosan energi kalau tidak digunakan secara produktif.

Microsoft Windows memberikan beberapa pilihan yang kita bisa gunakan, Anda bisa menggunakan command prompt atau CMD, melalui kotak dialog Run dan Task Scheduler.

Cara Shutdown Otomatis Windows 10

Pengguna biasanya untuk mematikan komputer menggunakan fitur shutdown melalui Power > Pilih Shutdown. Itu yang sering kita gunakan secara lumrahnya. Namun untuk pengetahuan baru, ogasite akan memberikan metode untuk mematikan komputer otomatis dengan waktu sesuai kebutuhan. Yuk simak dibawah ini!

Cara Shutdown Otomatis CMD

Menurut saya pembahasan pertama yang menarik yaitu menggunakan Command Prompt atau sering kita sebut istilah CMD. Inilah cara shutdown otomatis cmd dengan mudah:

  1. Tap dan tahan Windows + R > Ketik CMD
  2. Jika sudah tampil halaman command prompt, Anda tinggal ketik shutdown.exe -s -t 3600 dan kemudian tekan Enter.
    Cara Shutdown Otomatis CMD Windows
    Angka 3600 itu detik kalau di konversikan menjadi waktu 1 Jam. Nah, Anda tinggal hitung kebutuhan saja berapa lama komputer itu mati dalam beberapa waktu kedepan. Misalkan membutuhkan waktu sekitar 3 jam, tinggal dikali 3600 yaitu 10800.
  3. Setelah berhasil maka terdapat notifikasi yang berada di posisi bawah kanan dengan tulisan “You’re about to be signed out” Windows will shut down in 60 minutes.
    Windows Logon Reminder
  4. Artinya penggunaan perintah tersebut melalui cmd telah berhasil, yeay!
  5. Selanjutnya, bagaimana kita membatalkan shutdown otomatis tersebut? Sangat mudah, Anda tinggal ketik shutdown.exe -a lalu Enter. Maka, secara otomatis Windows akan membatalkan dari perintah shutdown sebelumnya.
    Logoff is Cancelled
  6. Selesai.

Cara Shutdown Otomatis Melalui Run

Sebetulnya cara ini tidaklah berbeda dengan command prompt sebelumnya, hanya kita menggunakan platform kolom run secara langsung tetapi untuk fungsi sama saja.

  • Untuk studi kasus kita akan mematikan dalam 30 menit kedepan, berarti dalam detik 1800.
  • Windows + R > Langsung ketik shutdown.exe -s -t 1800.
    Shutdown with Run
  • Hasilnya akan sama seperti kita menggunakan cmd.
  • Nah untuk membatalkan shutdown yang telah dibuat tadi, langkahnya sama persis dengan perintah shutdown.exe -a.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara kita dalam mematikan komputer Windows secara otomatis tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sangat mudah.

Disini Anda diharuskan mengkonversikan waktu satuan detik ke menit atau jam untuk memenuhi kebutuhan berapa lama waktu kedepan komputer akan otomatis mati sesuai waktu yang telah ditentukan.

Yuk sharing melalui kolom komentar buat apa saja Anda menggunakan shutdown secara otomatis ini yang bisa membantu aktifitas keseharian 😀 Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar