Cara Membuat Efek Foto Blur di Photoshop

Ogasite.com – JIka Anda sedang belajar untuk menambahkan efek foto blur di Photoshop sangatlah mudah, karena banyak fitur yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Adobe Photoshop sudah tidak diragukan lagi sebagai aplikasi favorit yang digunakan oleh pengguna diseluruh dunia, secara konsisten dari pengembangan versi dahulu hingga sekarang aplikasi ini tetap sangat direkomendasikan.

Edit foto di Photoshop dari setiap orang mempunyai tujuan tersendiri, salah satunya memberikan blur pada sebuah foto untuk menambah estetika maupun sensor objek dalam foto tertentu.

Misalkan sebuah gambar yang membutuhkan efek blur pada objek untuk menutupi suatu identitas agar tidak tersebar informasi sensitif oleh audiens.

Atau kebalikan dari kasus tersebut, kita akan lebih memfokuskan pada area objek tertentu dengan membuat efek blur di background.

Before After Blur di Photoshop

Nah seperti yang dibahas pada artikel kali ini, saya akan membuat efek blur pada sebuah foto yang seolah terkesan hasil jepretan dari DSLR.  Ada beberapa step yang harus kita lakukan, salah satunya menggunakan quick selection tools agar objek terseleksi dengan rapih.

Cara Foto Blur di Photoshop 

Mungkin Anda tidak akan terbayang kalau melihat hanya sebatas teks saja, sebelum to the point yang pertama kali Anda harus disiapkan adalah memilih gambar atau foto yang ingin diberikan efek blur. Bagaimana cara membuat efek blur di Photoshop dengan mudah? Inilah langkahnya:

  1. Buka aplikasi Photoshop > Open foto yang ingin Anda blur.
  2. Pilih Quick Selection Tools dan pastikan memilih objek orang atau sesuatu yang Anda ingin tidak diblurkan. Misalnya saya sudah memisahkan antara background dan orang sebagai objek.
    Studi Kasus 2 Blur di Photoshop
  3. Setelah itu klik menu Select > Inverse yang berfungsi untuk membalikan selection tools menjadi ke arah background.
    Inverse in Photoshop
  4. Jika sudah tandanya selection tools juga akan terseleksi hingga pinggiran foto Anda, Langsung saja memilih menu Filter > Blur > Blox Blur.
    Blox Blur di Photoshop
  5. Tunggu beberapa saat dan hasil Box Blur akan menampilkan pengaturan Preview dimana Anda bisa menambah tingkatan blur sampai beberapa Radius. Tinggal atur sesuai kebutuhan, semakin angka radius besar maka hasil blur juga akan tampak lebih signifikan.
    Hasil Box Blur di Photoshop
  6. Pilih OK kalau pengaturan telah selesai.
  7. Kita akan menyimpan foto hasil Box Blur tadi dengan cara Save for Web (Alt + Shift + Ctrl + S) Agar bisa mengatur resolusi yang diinginkan.
    Save for Web di Photoshop
  8. Tinggal pilih Save maka secara otomatis gambar akan tersimpan ke perangkat Anda.

Sangat mudah bukan? Masih ada banyak fitur Blur yang berada di menu Filter bisa dimanfaatkan oleh kalian tinggal perbanyak ekplore saja. Tidak hanya itu, saya juga akan memberikan studi kasus lainnya dengan menggunakan filter blur gallery.

Filter Blur Gallery Photoshop

Langkah 1. Pastikan Anda sudah menyiapkan foto yang ingin di edit dan seperti biasa masukkan foto kedalam aplikasi Photoshop. Setelah itu kita akan menggunakan Quick Selection Tools.

Quick Selection Tools Photoshop

Inilah hasil melakukan seleksi terhadap objek jeruk tersebut.

Selection Objek Photoshop

Langkah 2. Selanjutnya kita akan menduplikat layer (Ctrl+J) secara otomatis layer akan menjadi dua tetapi transparan karena kita sudah seleksi objek jeruk pada tahap sebelumnya.

Duplikat Objek Photoshop

Langkah 3. Buat layer baru pada Background sehingga terdapat nama Background copy dengan cara menduplikat lagi seperti langkah sebelumnya. Pada layer Background copy kita akan melakukan seleksi manual hingga hasilnya mengikuti objek tersebut. Lakukan klik kanan > Fill dan OK. Lihat apa yang terjadi setelah itu, Adobe Photoshop akan mengubah background seolah objek tersebut hilang.

Fill Content di Photoshop

Langkah 4. Pada layer Background copy kita akan memberikan efek blur dengan memilih menu Filter > Blur Gallery > Field Blur.

Blur Gallery di Photoshop

Langkah 5. Disana Anda bisa mengatur tingkatan blur sesuai keinginan, tetapi fitur Field Blur lebih lengkap ketika kita menggunakan Box Blur sebelumnya.

Background Blur di Photoshop

Langkah 6. Silahkan untuk melakukan eksplorasi terhadap fitur tersebut dengan mengatur sedemikian rupa hingga hasil terhadap foto terlihat keren.

Akhir Kata

Itulah beberapa penggunaan fitur blur di photoshop yang mudah dilakukan oleh pemula sekalipun, Anda tinggal sering latihan untuk studi kasus pada foto yang akan diberikan efek tersebut.

Saran dari saya kalau Anda ingin foto terlihat rapih mungkin perdalam penggunaan selection tools, karena ada banyak cara melakukan seleksi pada objek tertentu yang rumit sekalipun tapi hasilnya memuaskan.

Baca Juga : Cara Crop Lingkaran di Photoshop

Jika Anda masih bingung dalam melakukan penambahan efek blur melalui artikel ini, silahkan bisa menambahkan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar