Penjelasan Lengkap Menu Microsoft Word

Ogasite.com – Untuk mengenal lebih jauh tentang menu Microsoft Word, ada beberapa menu yang sering digunakan dalam membuat dokumen di aktifitas keseharian.

Microsoft Word merupakan software pengolahan kata berbentuk dokumen yang sangat popular di seluruh dunia. Bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi ini tentu sudah tidak asing lagi dengan menu Microsoft Word banyak sekali fungsi untuk mengatur dokumen sedemikian rupa.

Sebenarnya dari tahun ke tahun menu yang ditawarkan ini tidaklah berbeda jauh dengan generasi terbaru. Hanya yang membedakan adalah penambahan fitur dan tampilan dari workspace Ms. Word.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tentang apa saja sih menu-menu yang tersedia di Microsoft Word.

Mengenal Menu Microsoft Word

Disini saya menggunakan Microsoft Word Tahun 2016, Jika Anda install versi lawas 2007, 2010, atau terbaru sekalipun tidak masalah.

Karena untuk menu tersebut kurang lebih sama, Jadi tidak ada perbedaan dalam hal nama menu yang digunakan nantinya. Inilah beberapa fitur menu yang tersedia di Microsoft Word

1. File

Menu File

Hal pertama yang ingin saya bahas adalah menu File. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata file ini, Jika Anda memilih menu File maka Ms. Word akan menampilkan beberapa akses menu lain diantaranya:

Bagian Menu File

  • New, Jika ingin membuat dokumen baru, setelah membuka Ms. Word Anda bisa memilih File > New dan secara otomatis akan dibuatkan blank dokumen.
  • Open, Open atau Buka merupakan menu yang berfungsi untuk membuka file dokumen atau project format .docx bisa ditampilkan ke Ms. Word. Biasanya, aplikasi akan menampilkan Recent File dari beberapa dokumen dalam waktu terakhir kita buka.
  • Save, Pastinya Anda akan menyimpan dokumen ke perangkat setelah menyunting konten selesai. Masalahnya Save yang berfungsi simpan file itu saja.
  • Save As, Berbeda dengan Save As yang secara otomatis menyimpan sekaligus menyalin menjadi dokumen baru dari file yang sedang Anda buka.
  • Print, Jika Anda ingin mencetak dokumen bisa menggunakan fitur menu Print atau Anda bisa menekan Ctrl + P dan secara otomatis masuk ke halaman Print. Note: Pastikan Anda sudah terinstall driver printer pada komputer.
  • Share, Anda bisa membagikan file dokumen melalui akun Microsoft seperti email outlook dan Cloud dari produk Microsoft.
  • Export, Fitur yang sangat berguna bagi saya khususnya karena sering Export file dokumen menjadi format PDF dan lainnya.
  • Close, Untuk menu ini Anda bisa menggunakan ketika ingin menutup dokumen yang sedang dibuka.

2. Home

Menu Home Microsoft Word

Pada menu Home ini yang merupakan bagian paling utama dalam menyusun dokumen dengan mengatur style font seperti font family, ukuran font, bold, penomoran, paragraph style, warna, border dan clipboard.

A. Font

Untuk pemilihan font Anda bisa menggunakan sesuai data font yang terinstall pada komputer. Misalkan saya akan memilih Poppins Font maka Anda bisa melakukan format seperti ini.

Fitur Font Ms Word

Ukuran standar sendiri dalam penggunaan font biasanya 12, tetapi saya menggunakan format font yang bukan biasanya dipakai dokumen resmi ini hanya sebagai contoh saja.

Hasil Penerapan Font

Jika memang Anda ingin membuat surat atau dokumen resmi, secara umum menggunakan tipe font Times New Roman.

B. Paragraph

Paragraph merupakan sebuah fitur untuk membantu Anda dalam merapihkan sebuah teks dalam dokumen. Diantaranya bisa menggunakan Align Left, Center, Right dan Justify.

Paragraph di Home

Seperti dari studi kasus yang saya coba yaitu Justify sekaligus mengatur line spacing sekitar 1.5 sangat pas dan tidak terlalu rapat.

Line Spacing Menu Paragraph

Sedangkan dalam penggunaan bullet gallery, Anda bisa menggunakan ketika terdapat sebuah list tertentu. Misalkan terdapat 3 kalimat yang ingin dibuatkan menjadi list tinggal block > klik kanan dan pilih model centang.

Bullet Library Ms Word

Untuk hasilnya kurang lebih seperti ini, secara otomatis akan membuat Tab (Menjorok kedalam) untuk membedakan antara paragraph dan list text.

Hasil Bullet Library di Ms Word

C. Style

Selanjutnya adalah kolom Style yang menyediakan beberapa format bawaan dari Ms. Word. Untuk penggunaanya sangatlah mudah, Anda tinggal block text yang ingin dirubah setelah itu pilih beberapa Style dari format yang telah tersedia.

Disini saya menggunakan Style Title yang mempunyai format tulisan agak besar.

Style Bagian Menu Home

Inilah hasilnya setelah saya menambahkan style tersebut.

Hasil Style Title

Sedikit tips, Pada kolom Style juga Anda bisa menambahkan format sesuai keinginan sendiri lho. Maksudnya? Jadi dalam penggunaan Style ini bisa dirubah semau kalian dalam mencocokan antara font, ukuran, warna, gaya, dan masih banyak lainnya.

Anda tinggal menuju kolom Style dan pilih ujung kanan bawah (tanda panah) dan setelah Klik akan muncul jendela baru.

Lihat bagian bawah “New Style” yang berarti Anda bisa membuat style baru.

Membuat Style Baru

Maka secara otomatis akan tampil halaman “Create New Style from Formatting”

Create New Style

Silahkan Anda untuk berkerasi dalam membuat style baru dengan nama terserah kalian dan jika sudah tinggal klik OK untuk menyimpan format.

3. Insert

Menu Insert Microsoft Word

Menu Insert mempunyai segudang fitur dalam keberlangsungan Anda membuat sebuah dokumen. Ada banyak kegunaan seperti menambahkan tabel, menambahkan gambar, membuat Chart di Microsoft Word, membuat header dan footer dan masih banyak lainnya.

4. Design

Menu Design Microsoft Word

Pada menu Design, Anda dapat mengubah style maupun format desain dari font dengan tema yang telah disediakan oleh Ms. Word.

5. Layout

Menu Layout Microsoft Word

Mungkin Anda sudah paham dengan kata Layout, Yup! dimana pengguna dapat mengubah format tata letak dari setiap dokumen yang dibuat. Ada beberapa kemungkinan yang bisa digunakan seperti page setup, paragraph dan arrage.

6. Reference

Menu Reference Microsoft Word

Menu reference sangat penting bagi Anda yang sedang ingin membuat karya ilmiah seperti skripsi, jurnal maupun buku. Tidak hanya itu, pada menu ini juga Anda bisa membuat daftar isi otomatis, menambahkan sitasi, dan fitur penting lainnya.

7. Maillings

Menu Maillings Microsoft Word

Mungkin bagi Anda menu Maillings akan jarang banget digunakan disehari-hari, karena Maillings ini yang berhubungan dengan surat menyurat yang dibagikan secara online.

8. Review

Menu Reviews Microsoft Word

Untuk menu Reviews merupakan menu yang ditunjukan untuk pengejaan sebuah kata seperti grammar dan lainnya.

9. View

Menu View Microsoft Word

View merupakan menu yang menyediakan untuk melakukan pengaturan tampilan dari Microsoft Word seperti menampilkan ruller, tampilan web, zoom dan lainnya.

10. Qur’an Kemenag

Menu Quran Kemenag Microsoft Word

Paling terakhir adalah Quran Kemenag, ini merupakan fitur khusus bagi Anda yang sengaja menginstall aplikasi tersebut. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya kok bisa ada fitur Quran di Word.

Fitur ini hanya support untuk Microsoft dari tahun 2013 keatas, yang dikembangkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Jadi, bagi Anda yang sering menambahkan sebuah ayat atau terjemahan Al Quran , fitur ini akan sangat bermanfaat sekali karena penggunaan yang praktis dan tidak perlu copy paste melalui internet.

Baca Juga : Cara Memasang Al Quran di Word

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan sederhana tentang menu-menu dari Mcicrosoft Word yang sangat banyak ini.

Dengan adanya artikel ini Ogasite berharap Anda dapat memahami fitur dan kegunaan dari setiap menu di Microsoft Word secara mandiri.

Jika Anda masih belum mengerti dari fitur Microsoft mungkin bisa melakukan request tutorial dari website ini dengan berkomentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar