Cara Menggabungkan Foto di Photoshop

Cara menggabungkan foto di photoshop – Sebelumnya saya pernah membagikan sebuah tips bagaimana cara edit foto di photoshop dasar bagi pemula.

Namun, berbeda dengan kali ini yang memang tetap sama akan tetapi ada penambahan trik lainnya yaitu cara menggabungkan foto di photoshop dengan mudah.

Studi kasusnya adalah kita dapat menggabungkan dua foto menjadi satu file gambar.

Ini juga berlaku kalau kamu nantinya ingin bereksperimen lebih jauh lagi untuk menggabungkan file bisa lebih dari tiga bahkan sesuai kebutuhan.

Secara konsep tetap sama, karena yang dibagikan pada tutorial ini merupakan trik dasar bagi kamu yang belum mengetahuinya.

Biasanya foto gabungan sering digunakan pada cover buku, majalah, kalender, poster, banner, desain id card, dan masih banyak lainnya.

Adanya skill ini mungkin akan terpakai oleh kamu sedang bekerja di perusahaan yang meminta bantuan untuk membuat gambar yang tergabung dengan tujuan tertentu.

Disclaimer dari sekarang, gunakanlah cara ini untuk hal yang bermanfaat dunia akhirat. Tentu, semakin kita banyak berbuat kebaikan insya Allah keberkahan senantiasa mengiringi kita. Aamiin

Cara Menggabungkan Foto di Photoshop

Sangat mudah dalam penggunaan tools photoshop kalau dipelajari. Pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa gambar yang ingin digabungkan.

Berikut langkah secara detail cara menggabungkan foto di photoshop:

  1. Buka Adobe Photoshop, Sekarang tambah new layer dengan cara tekan “Ctrl+N” dan pilih ukuran kertas A4 atau Web.
    Buat New Layer di Photoshop
  2. Import foto dengan cara File > Open atau juga bisa langsung drag and drop seperti dibawah ini.
    Open gambar dengan cara drag and drop
  3. Hasilnya akan terdapat beberapa tab sesuai nama dari foto yang kamu masukan.
    Hasil kedua gambar yang telah di masukan
  4. Kita akan gunakan Rectangular Marquee Tools untuk menyeleksi bagian object yang ingin di pindah kan ke layer utama tadi.
    Menggunakan Rectangular Marquee Tool
  5. Tekan Ctrl + C untuk mengcopy gambar yang telah diseleksi, lalu masuk ke tab Untitled-1 (Layer yang tadi) dan Paste ( Ctrl + V ).
    Menyeleksi Object dari Foto
  6. Jangan lupa scale dulu dengan menyesuaikan foto object pada layer, jika kalau ada terlalu besar. Tips, gunakan Shift + Drag ujung gambar agar gambar yang dirubah tetap presisi. Kalau serasa sudah, tinggal pilih centang diatas untuk bisa kembali ke Section tools.
    Paste Object dan Scale foto di Photoshop
  7. Ulangi untuk gambar kedua, dan hasilnya kurang lebih seperti ini.
    Cara menggabungkan 2 foto menjadi 1 foto

Gunakanlah gambar yang mempunyai resolusi lumayan tinggi untuk memperbagus kualitas foto nanti.

Sebagai trik tambahan lagi, kamu bisa memperhalus shadow dari kedua object tersebut dengan Eraser Tools dengan dengan mengatur sedikit ukuran brush, hardness, dan opacity.

Foto yang sebelum di edit menggunakan eraser tools, terdapat shadow kasar bentuk mengotak dari rectangular marquee tools tadi. Jadi hasil setelah di perhalus sedikit, kurang lebih seperti dibawah ini.

Hasil menggabungkan dua foto menjadi satu foto

Bagaimana untuk export foto di photoshop ini?

Sangat mudah, kamu tinggal perlu Save As > Pilih format JPG atau PNG. Atau jika perlu kamu mengubah gambar menjadi pdf di photoshop saya sudah membagikan pada tutorial sebelumnya.

Baca Juga : Cara Save Photoshop ke PDF

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang cara menggabungkan foto di photoshop dengan mudah bagi pemula sekalipun.

Ada beberapa tutorial menarik lainnya dari produk adobe ini salah satunya premiere pro. Jika kamu tertarik tinggal; kepoin yuk website ogasite dengan penuh bermanfaat.

Tinggalkan komentar