Cara Mengatasi Warp Stabilizer Error di Premiere Pro

Ogasite.com – Video menjadi stabil tanpa gimbal salah satunya kita menggunakan fitur effects dari Premiere Pro, akan tetapi bagaimana cara mengatasi warp stabilizer error pada video anda ?

Hal ini pernah terjadi yang dialami oleh saya sendiri, tidak bisa menggunakan fitur warp stabillizer untuk video yang dimasukan di timeline karena ada masalah tertentu.

Masalah ini memang cukup sepele dan mudah diselesaikan bagi orang yang sangat detail mungkin akan bisa langsung di bereskan.

Melalui tulisan ini saya akan menjelaskan kepada ada bagaimana solusi cara mengatasi warp stabilizer error di premiere pro.

Permasalahan utamanya adalah ketika kita Drag and Drop effects Warp Stabilizier kedalam video yang berada di timeline. Sudah anda ketahui terjadi “Warp Stabilizer clip dimensions to match sequence(fix by nesting)”.

Untuk editor pemula mungkin hal ini sangat kebingungan untuk mengatasinya, mungkin walaupun anda editor pemula tetapi paham berbahasa inggris akan bisa memperbaiki secara cepat karena sudah paham dari keterangan merah tersebut.

Pada tulisan merah itu, kita bisa memperbaiki dengan teknik Nest/Nesting walaupun sebetulnya bisa juga oleh reosulusi video untuk disesuaikan dengan sequence.

Saya sarankan sebelum anda menggunakan teknik warp stabilizer, lebih baik harus memahami cara membuat sequence yang benar di premiere pro.

Cara Mengatasi Warp Stabilizer Error di Premiere Pro

Sudah anda ketahui dari tulisan itu, Fix problem atau masalah utama tidak ada kecocokan antara seequence yang anda buat dengan footage video.

Jika sudah terlanjur menggunakan sequence yang salah, jangan khawatir kita akan menggunakan solusi lainnya dengan metode Nesting.

Langkah Pertama

Jika anda sudah memasukan plugin warp stabilizer, silahkan hapus terlebih dahulu dengan menuju Effect Control Panel.

Disana akan terlihat plugin Warp Stabilizer dari pengaturan, tinggal anda klik dan delete saja. Jika anda sudah yakin menghapusnya, Lalu klik kanan pada video > Pilih Nest.

Anda bisa memberikan nama Nested Sequence sesuai keinginan, dan OK.

Langkah Kedua

Drag kembali effect Warp Stabilizer ke video yang telah di Nesting tadi.

Hasilnya akan bisa di stabilisasi lagi pada video yang error tadi, mungkin anda harus menunggu beberapa saat seperti biasanya.

Disarankan sebelum play preview video yang berada di timeline alangkah baiknya di render terlbih dahulu, untuk tidak terjadi lag atau semacamnya.

Bagaimana caranya ? Anda bisa menemukan pada bagian menu Sequence > Render In To Out dan tunggu beberapa menit saja tergantung panjang durasi video dari timeline.

Baca Juga : Cara Mengatasi Import Video Gagal ke Timeline Premiere Pro

Itu saja beberapa langkah tips singkat untuk cara mengatasi warp stabilizer error di premiere pro. Jika masih bingung silahkan untuk berkomentar dan berdiskusi dibawah ini. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar