Cara Mengatasi D3DCOMPILER_47.dll is Missing

Ogasite.com – Ketika mendapatkan pesan “the program can’t start because d3dcompiler_47.dll is missing from your computer” merupakan hal yang biasa terjadi selama bertahun-tahun bagi pengguna Windows semua versi bisa menemukan masalah ini.

Masalahnya terletak dibagian D3DCOMPILER_47.dll yang merupakan salah satu komponen DirectX. Berbiaca dengan DirectX adalah kumpulan API (Application Programming Interface) sangat berperan penting dalam menjalankan tugas multimedia intensif seperti pemrograman game, rendering video, dan sejenisnya.

Jika Anda mengalami masalah dengan D3DCompiler_47.dll secara otomatis DirectX tidak akan bisa menjalankan program sebagaimana mestinya.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu melakukan beberapa pemecahan masalah karena kegagalan komponen ini sangat bervariasi, termasuk:

  • Damaged or corrupted D3DCompiler_47.dll file
  • Accidentally removed D3DCompiler_47.dll file during the uninstallation of a program
  • Outdated Windows
  • System file corruption
  • Malware infection
  • Outdated/incompatible GPU drivers, etc.

Oleh karena itu terdapat beberapa cara yang berbeda untuk memperbaiki masalah “d3dcompiler_47.dll is missing” dengan melakukan mendaftarkan ulang file, menginstall ulang program terkait, memindai file sistem yang mengalami kerusakan dengan sfc.

Cara Mengatasi D3DCOMPILER_47.dll is Missing Pada Windows

Anda tinggal menyesuaikan dari beberapa cara yang dijelaskan pada artikel ini, Ogasite akan membantu Anda untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

1. Update Windows bersama dengan DirectX

DirectX merupakan komponen penting dari sistem operasi Windows, sehingga patchnya akan disertakan dalam pembaharuan OS utama. Dengan kata lain, selama Anda menerapkan pembaruan Windows, maka secara otomatis DirectX juga akan diperbaharui. Berikut cara melakukan update Windows:

  1. Buka Pengaturan Windows ( Win + I )
  2. Pilih menu Update & Security.
  3. Setelah itu, disebelah kanan terdapat menu Check for Updates.
    Windows Update Check
  4. Anda tingga menunggu beberapa waktu untuk mengunduh dan install secara otomatis setelah pembaruan tersedia.
  5. Setelah proses berhasil dilakukan, Reboot sistem Anda.

2. Download dan Install Driver Video Terbaru

Driver merupakan komponen penting dari keberlangsungan sistem operasi Windows yang berfungsi untuk memastikan pengoperasian normal antara perangkat keras dan perangkat lunak. Hal ini dapat dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan memiliki spesifikasi berbeda dari setiap komponan perangkat keras yang digunakan, termasuk kedalam urusan driver.

Namun, sebuah driver akan tidak sempurna dan terkadang mungkin bisa berhenti dari fungsi yang disebabkan pembaharuan salah diterapkan. Ini juga bisa mempengaruhi dengan terjadinya “the program can’t start because d3dcompiler_47.dll is missing from your computer” sekaligus D3DCompiler_47.dll komponen dari DirectX yang sangat berhubungan dengan grafik.

Oleh karena itu, Anda harus mengunduh dan menginstall pembaruan terbaru untuk driver video Anda. Inilah cara update driver secara manual:

  • Klik kanan pada tombol Start dan pilih Device Manager.
  • Pilih Display adapters.
  • Klik kanan pada nama GPU Anda untuk melakukan Pembaharuan Update Drivers.
  • Jika sudah klik update, Anda bisa mencari secara otomatis untuk perangkat lunak yang diperbarui.
  • Restart komputer Anda.

Jika Anda ingin memperbaharui driver secara praktis, mungkin bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk Windows.

Baca Juga : Software Driver Updater Terbaik

3. Jalankan Scan dengan Anti-malware Profesional

Jika memang tidak ada satupun file D3DCOMPILER_47.dll yang hilang, kita akan mencoba untuk memperbaiki masalah dengan mencoba pemindaian untuk malware. Karena terinfeksi virus dapat merusak banyak file sistem operasi yang mengakibatkan masalah tadi.

Sebenarnya ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menyediakan dalam melakukan perbaikian terkait masalah ini dengan mendeteksi dan menghapus perangkat lunak yang berbahaya bagi sistem. Meskipun dari beberapa vendor memiliki versi gratis yang tersedia, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli lisensi aplikasi yang komperhensif itu.

Alternatif bagi Anda yang tidak mau mengeluarkan uang untuk masalah ini, mungkin Windows Defender (Microsoft Defender) akan menjadi pilihan yang terbaik dan gratis.

  1. Pada kolom pencarian Anda bisa ketik Windows Security.
  2. Pilih Virus & threads protection.
  3. Setelah itu klik opsi Scan options > Full scan.
  4. Lanjut klik tombol Scan now.
    Scan Options Virus Protection Windows Defender
  5. Setelah itu Anda tinggal menunggu proses pemindaian itu sampai selesai.

4. Daftarkan Ulang File D3DCOMPILER_47.dll Melalui Command Prompt

Sebenarnya file DLL yang hilang merupakan hal sesuatu yang biasa, dan salah satu perbaikan utama yang dapat diterapkan untuk mencoba mendaftarkan ulang file melalui command prompt atau cmd.

  1. Ketik cmd dalam kotak pencarian.
  2. Klik kanan pada hasil pencarian Command Prompt dan pilik Run Administrator.
  3. Setelah membuka jendela baru, ketik perintah berikut dan tekan Enter.
    regsvr32 /u D3DCompiler_47.dll
    regsvr32 /i D3DCompiler_47.dll
  4. Tutup cmd dan lakukan Reboot pada sistem.

5. Menjalankan Pemindaian SFC Untuk Memperbaiki Kerusakan Sistem

Windows menyediakan pemindaian secara otomatis untuk mendeteksi atau mendiagnosa kesalahan file sistem dan langsung memperbaikinya.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal masuk ke kotak pencarian > ketik cmd dan klik kanan Run Administrator. Setelah itu ketik sfc /scannow.

SFC Scannow Cmd

Fungsi ini mencari atau mengidentifikasi file sistem yang rusak dan segera memperbaikinya. Oleh karena itu, Microsoft menyediakan fitur tersebut untuk membantu Anda ketika ada masalah dari sistem yang berjalan.

Akhir Kata

Jika Anda telah melakukan cara diatas dengan baik, seharusnya masalah d3dcompiler_47.dll is missing bisa teratasi. Namun, bagi Anda yang belum berhasil menggunakan cara diatas, opsi yang paling baik adalah install ulang windows baru pada perangkat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan memberikan solusi bagi Anda yang sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Jika masih kebingunan mungkin Anda dapat memberikan komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar