Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing

Ogasite.com – Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll adalah salah satu file sistem bagian dari Microsoft Visual C++ yang bertanggung jawab atas kelancaran dari Game seperti League of Legends, Age of Mythology, Arma, Dragon Age maupun aplikasi produktif lainnya Microsoft Office, Autodesk, CoreDRAW, Photoshop dan lainnya.

Permasalahan ini hanya dialami pengguna berbasis Windows yang dapat terjadi pada berbagai versi sistem operasi, termasuk Windows 10, Windows 7 maupun Windows XP sekalipun.

Pengguna Windows mendapatkan pesan kesalahan dengan tulisan “the program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer” dari kebanyakan kasus yang ada bahwa Universal CRT bagian dari Visual C++ Redistributable gagal menginstal dengan benar atau file tersebut yang rusak.

JIka diketahui DLL adalah singkatan dari Dynamic Link Library yang menghubungkan bagian eksternal dari aplikasi Windows.

Seringkali file ini berisi kode yang diperlukan untuk digunakan oleh beberapa aplikasi tertentu. Oleh sebab itu, Jika file DLL tidak dapat dimuat dalam memori komputer, maka terjadi kesalahan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing.

Setiap orang mempunyai kasus yang berbeda-beda dengan terjadinya file DLL hilang atau rusak, maka dari itu Anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah sistem operasi diperbaharui atau terkena indikasi malware sehingga file tersebut terinfeksi.

Jangan khawatir, Anda bisa mencoba untuk memperbaiki masalah ini secara manual dengan beberapa metode yang akan disediakan oleh Ogasite dibawah ini.

Cara Memperbaiki Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll

Jika Anda sedang mencari solusi tercepat untuk memperbaiki masalah ini, mungkin penggunaan sfc di command prompt merupakan pilihan yang terbaik. Windows menyediakan pemindaian secara otomatis untuk mendeteksi atau mendiagnosa kesalahan file sistem dan langsung memperbaikinya.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal masuk ke kotak pencarian > ketik cmd dan klik kanan Run Administrator. Setelah itu ketik sfc /scannow.

SFC Scannow Cmd

Fungsi ini mencari atau mengidentifikasi file sistem yang rusak dan segera memperbaikinya. Oleh karena itu, Microsoft menyediakan fitur tersebut untuk membantu Anda ketika ada masalah dari sistem yang berjalan.

1. Lakukan Update Windows

Pembaharuan Windows juga sangat penting untuk kelancaran pengoperasian perangkat. Selain itu, biasanya akan diberikan lapisan keamanan terhadap kerentanan perangkat lunak yang bisa disalahgunakan oleh peretas. Untuk update Windows dan memperbaiki kesalahan file dll yang hilang, Anda bisa mengikuti langkah berikut.

  1. Tekan tombol Windows + I (Akan masuk kepengaturan)
  2. Pilih Update & Windows
  3. Periksa bagian menu Windows Update.
    Windows Update Check

Setelah proses install pembaharuan yang tersedia telah dilakukan, jangan lupa untuk Restart komputer Anda agar bisa melakukan pemulihan sistem.

2. Repair Microsoft Visual C++

Sebelum melakukan install ulang untuk Microsoft Visual C++ kita sebaiknya mencoba memperbaiki dengan cara Repair yang terdapat dari fitur Control Panel Windows.

  1. Buka Control Panel > Programs
  2. Carilah file Visual C++ Redistributable, kemudian klik kanan > Pilih Change.
  3. Saat tampil jendela baru terbuka, Anda bisa memilih opsi Repair atau Perbaikan.
    Repair Microsoft Visual C++ 2015
  4. Ikutilah langkah pada Repair tersebut.

Jika Anda telah melakukan perbaikan dengan cara tersebut, namun masalah ini belum teratasi dengan baik. Nah, selanjutnya kita akan install ulang terhadap file Microsoft Visual C++ tersebut.

3. Reinstall Microsoft Visual C++

Untuk melakukan reinstall sangat mirip ketika melakukan perbaikan dari langkah sebelumnya, ketika Anda dalam Control Panel > Programs > dan klik kanan pilih Uninstall pada Microsoft Visual C++ tersebut.

Setelah itu dilakukan, Anda bisa download dan install keduanya versi vc_redist.x86.exe (32-bit) dan vc_redist.x64.exe (64 -bit) melalui situs resmi Microsoft di https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=48145

Download Microsoft Visual C++

Lakukan Reboot atau Restart pada komputer Anda setelah installasi telah dilakukan

4. Install Ulang Aplikasi

Jika Anda mengalami masalah ketika menjalankan hanya beberapa aplikasi saja seperti Skype atau Photoshop, CorelDRAW atau MS Office di Windows, maka cara terbaik Anda harus menginstal ulang aplikasi tersebut. Mungkin terdapat file dll yang hilang atau juga terkena malware.

  1. Carilah aplikasi yang bermasalah tadi melalui search box Windows atau Control Panel dan bisa juga melalui aplikasi uninstaller.
  2. Pilih uninstall atau copot pemasangan aplikasi dan ikuti petunjuk di layar.
    Uninstall Skype

Akhir Kata

Jika Anda telah melakukan cara diatas dengan baik, seharusnya masalah api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing bisa teratasi. Namun, bagi Anda yang belum berhasil menggunakan cara diatas, opsi yang paling baik adalah install ulang windows baru pada perangkat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan memberikan solusi bagi Anda yang sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Jika masih kebingunan mungkin Anda dapat memberikan komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar