Cek Suhu Laptop

Bagaimana sih cara cek suhu laptop untuk mengetahui temperaturnya ?

Mungkin ini akan sering ditanyakan oleh kamu yang sedang mengalami masalah terhadap komputer atau laptop yang digunakan selama ini.

Kenapa bisa mengalami hal tersebut ? Karena sesuai dengan pengalaman ogasite naiknya temperatur laptop itu faktor utamanya adalah beban kerja dari penggunaan perangkat.

Loh kok bisa?

Ini sesuatu yang wajar sering terjadi dalam penggunaan komputer atau laptop.

Dasarnya panas yang dihasilkan dari inti perangkat keras yaitu prosessor.

Sudah tau prosessor? Pastilah yaa, prosessor merupakan otak dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pemrosesan data yang akan diolah sesuai keinginan penggunannya.

Pada prosessor ini mempunyai tegangan kelistrikan yang cukup menguras dengan batasan tertentu yang cukup untuk menghasilkan panas.

Keadaan ini tidak memandang apakah laptop baru ataupun sudah lama, tapi fakta membuktikan laptop yang sudah lama dipakai akan lebih mudah terkena panas berlebih dibandingkan laptop yang masih baru.

Alasannya ? Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan suhu laptop menjadi panas.

  • Beban kerja dari penggunaan laptop sangat berat seperti rendering video, live streaming, atau multitasking yang cukup banyak.
  • Jika laptop yang sudah lama bisa terjadi kipas prosessornya terdapat debu dan
  • Thermal paste prosessor yang sudah habis.

JIka tidak di monitor terhadap suhu laptop yang terus dibiarkan mungkin akan memperpendek usia dari komponen perangkat kerasnya.

Sekarang gimana sih cara terbaik untuk memonitor atau mengetahui temperatur dari prosessor atau VGA Card laptop?

Cara Cek Suhu Laptop Melalui Beberapa Aplikasi

Setidaknya ketika kita sudah mengetahui informasi temperatur dari perangkat yang sedang digunakan, bisa menjadi patokan untuk mengatur penggunaan laptop dengan lebih baik.

Misalkan dengan adanya beberapa usaha untuk mendinginkannya, tetapi pembahasan artikel ini kita lebih fokus memanfaatkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam memonitor temperatur komputer.

1. HWMonitor

Aplikasi satu ini menawarkan berapa fitur yang sangat berguna seperti memonitor voltase, temperatur dan juga kecepatan kipas dari laptop kamu.

HWMonitor

HWMonitor memberi informasi satuan temperatur derajat celcius dan fahrenheit yang kamu bisa dapatkan secara gratis bisa di install pada sistem operasi Windows.

Apa saja yang di monitor ? Tentunya prosessor, VGA Card, SSD, dan power supply kalo dari komputer. Mungkin kalau tertarik dengan aplikasi ini bisa langsung download dibawah.

Unduh

 

2. Cek Suhu Laptop dengan Core Temp

Core Temp juga mempunyai tujuan langsung untuk memudahkan pengguna komputer yang ingin memonitor suhu komponen dari perangkatnya.

Core Temp

Kamu bisa melihat temperatur prosessor, RAM, hingga fan dari prosessor tersebut. Aplikasi ini mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga tidak perlu khawatir dapat menghabiskan penyimpanan

Unduh

 

3. CPU Thermometer

Kita tetap menggunakan aplikasi untuk cek suhu dengan melalui CPU Thermometer yang sudah meyakinkan dari namanya mewakilkan untu mengukur suhu dari perangkat.

CPU Thermometer

Aplikasi dapat mendeteksi prosessor Intel maupun AMD, secara lengkap akan menampilkan informasi tipe dari prosessor laptop kamu.

Ukuran aplikasi sangat kecil tidak lebih dari 1mb, Jika kamu tertarik ingin menggunakannya tinggal downlaod dibawah ini.

Unduh

 

4. Real Temp

Alternatif lain penggunaan aplikasi monitoring suhu laptop secara gratis bisa menggunakan Real Temp yang bisa digunakan oleh siapa saja.

Real Temp

Real Temp mampu membaca temperatur prosessor setiap inti atau core dari prosessor seperti dual core, quad core ataupun eight core sekalipun.

Aplikasi ini menyajikan informasi temperatur berdasarkan data yang telah disajikan oleh Fluke 62 IR Thermometer bawaan dari perangkat motherboard.

Walaupun kamu menggunakan sistem operasi yang lawas seperti Windows 7, XP tetap bisa menggunakannya. Untuk kamu yang tertarik dengan aplikasi satu ini tinggal download dibawah ini.

Unduh

 

5. Cek Suhu Laptop Melalui Bios Motherboard

Jika kamu menggunakan komputer dengan bawaan motherboard yang cukup mumpuni dengan level high medium seperti halnya ASRock, MSI, ASUS dan lainnya menawarkan Bios yang bisa menampilkan informasi dari temperator prosessor.

Untuk masuk kedalam bios biasanya menekan tombol F2, F11, F2 + Del, Del tergantu dari merknya.

6. Aplikasi Bawaan dari Motherboard

JIka kamu menggunakan laptop gaming mungkin tidak akan asing lagi dengan fitur ini karena akan sangat bermanfaat sekali bagi penggunanya.

Seperti MSI Dragon Center, Nitro Sense, dan sebagainya yang dimana aplikasi tersebut selain melihat beberapa informasi data temperatur, disana dapat melakukan turbo boost, mengatur motherboard, dan masih banyak lainnya.

7. MSI Afterburner

Bagi pengguna MSI akan senang sekali rasanya dengan hadirnya MSI Afterburner sebagai perangkat lunak untuk meningkatkan kenyamanan para penggunanya.

MSI Afterburner

Aplikasi ini sangat cocok bagi para pengguna produk MSI yang belum mempunyai pernagkat lunak seperti ini.

Kamu bisa memonitor komponen laptop seperti CPU dan GPU yang tersedia dalam satu layar yang mudah untuk di pahami.

Unduh

 

8. Thermometer

Hal yang terakhir adalah dengan memanfaatkan alat thermometer untuk bisa mengecek suhu laptop dari permukaan yang ada.

Disana kamu dapat melihat temperatur seberapa panas dari laptop hingga keluar permukaan palmrest.

Akan tetapi dengan cara ini kamu harus membeli alat terlebih dahulu yang mempunyai harga cukup mahal dibandingkan aplikasi tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

 

Tinggalkan komentar