Cara Menghitung Umur di Excel

Pada tutorial kali ini akan membagikan suatu tips bagaimana cara menghitung umur di excel dengan berbagai fungsi yang ada. Anda bisa menggunakan beberapa fungsi baik secara manual yaitu operator matematika ataupun otomatis dengan rumus di excel.


Ketika menghitung usia seseorang melalui pikiran kita hanya menggunakan logika rasanya bisa, tetapi bagaimana kalau menghitung umur dengan jumlah yang banyak?

Pastik otak kita tidak menerima untuk proses hitung dengan skala besar, oleh karena itu Microsoft Excel hadir dalam menyelesaikan masalah sehari-hari kita.

Adanya berbagai fitur untuk menghitung artimatika atau angka dan tanggal secara otomatis dan pastinya dalam hal waktu lebih efisien.

Lanjut ke penggunaan excel, menghitung umur dengan microsoft excel yang hanya mengandalkan rumus mengurangi tanggal sekarang dengan tanggal lahir maka hasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai keinginan.

Menggunakan kombinasi fungsi excel dan tanggal lahir, Anda dapat dengan mudah menghitung usia di excel.

Jadi sebenarnya teknik yang ditunjukkan disini juga dapat digunakan dalam situasi lain seperti menghitung durasi proyek atau masa kerja layanan dan lainnya asalkan berhubungan dengan waktu.

Pada artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana menghitung rentang tanggal waktu di Excel diantaranya:

  • Jumlah tahun berlalu hingga tanggal yang sudah ditentukan
  • Jumlah tahun, bulan dan hari masa lalu sampai tanggal yang ditentukan

Cara Menghitung Umur di Excel

Penggunaan Microsoft Excel bisa dilakukan untuk versi 2007, 2010, 2013 dan yang paling terbaru. Pada dasarnya fitur yang disediakan oleh Excel ini sudah menjadi fungsi yang sudah lama di terapkan.

Pada kali ini Anda tinggal fokus saja untuk memilih cara penggunaan sesuai kebutuhan saja. Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Cara Menghitung Umur di Excel Menggunakan Rumus Matematika Umum

Jika kita melihat dalam satu 1 tahun masehi terdapat 365 hari dari total 12 bulan yang ada.

Nah untuk menghitung umur dalam satuan tahun, kita bisa membagi selisih dari tanggal sekarang menuju tanggal lahir menggunakan angka 365. Rumusnya mungkin kurang lebih seperti ini.

=(Tanggal Sekarang - Tanggal Lahir)/365

Setelah itu, untuk mendapatkan tanggal berjalan alias hari ini, kita bisa memanfaatkan fungsi TODAY. Maka rumusnya akan berubah menjadi

=(TODAY() - Tanggal Lahir)/365

Penerapan TODAY adalah dimana hari atau tanggal ketika Anda gunakan.

Rumus TODAY di Excel dan Hasilnya

Seperti pada contoh kasus diatas, rumus dari tanggal lahir ini akan menghasilakn sebuah angka dalam bentuk desimal. Untuk membulatkan atau mengurangi jumlah angka dibelakang koma, Anda bisa menggunakan fitur Decrease decimal yang terdapat pada menu Home > Kolom Number.

Membulatkan Angka di 0 Dibelakang Angka

Satu lagi yang sangat penting bahwa Anda harus menempatkan format sel Date, yang terletak pada kolom Number.

Perubahan Kolom Excel Menjadi Date

Pembulatan desimal sendiri, Excel menawarkan opsi lain yang mengharuskan Anda menggunakan Fungsi INT. Inilah cara penerapannya:

=INT((TODAY() - Tanggal Lahir)/365)

Rumus TODAY Plus INT

Adanya fungsi INT akan menghapus semua angka desimal secara otomatis, Jika memang ingin menambahkan karakter lain pada fungsi tersebut sangatlah bisa.

Misalkan kita akan menambahkan sebuah teks ” Tahun”, Maka Anda bisa menggunakan operator excel “&” yang akan disematkan pada umur di satuan tahun tersebut. Jika ingin ditambahkan, silahkan untuk menjadikan rumus seperti ini:

=INT((TODAY() - Tanggal Lahir)/365)&" Tahun"

Rumus TODAY Plus INT dan String

Karena teks dari “Tahun” adalah string, maka seperti biasanya harus menambahkan tanda kutip pada rumus tersebut.

Sayangnya cara menghitung umur melalui metode tersebut masih terdapat masalah waktu yang tidak genap 365 hari. Karena ada saja setiap tahun mempunyai hari lebih 1 hari seperti halnya tahun kabisat mencapai 366 hari. Oleh karena itu, kita akan mencoba cara lain dengan fungsi Excel lainnya.

Baca Juga: Cara Menampilkan Angka 0 di Excel

Tinggalkan komentar