Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

OgasiteTouchpad merupakan komponen perangkat keras yang sangat penting bagi laptop, karena berfungsi untuk memindahkan cursor pada sistem operasi. Ya, bisa dikatakan pengganti mouse dari komputer yang biasa kita gunakan, masalahnya apakah Anda mengalami touchpad laptop tidak berfungsi?

Touchpad laptop tidak berfungsi pada umumnya disebabkan oleh pengguna itu sendiri lupa mematikan toucpad tidak sengaja atau driver dari sistem operasi yang terhapus.

Nah setiap laptop biasanya menyediakan tombol atau kombinasi tombol tertentu untuk mematikan touchpad, seperti Lenovo dengan menekan F6 ( umunya ada gambar touchpad yang diberi garis miring ) secara otomatis akan mati touchpad tersebut.

Jika memang Anda sudah menyadari hal itu tetapi masih enggan berfungsi, kita harus melihat driver touchpad apakah sudah terinstall atau malah tidak ada.

Tanpa ada driver di laptop Anda, maka toucpad tidak akan bisa digunakan. Sebenarnya sih driver apa aja yang berhubungan dengan pheriperal perangkat keras terintegrasi dengan sistem.

Oke, kita akan mengaudit beberapa penyebab secara umum kenapa Touchpad tidak bisa digunakan oleh kita, baik dari merk Asus, Lenovo, Acer, HP, Dell dan lainnya.

Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Mungkin Anda yang masih awam akan kebingungan kenapa touchpad tidak berfungsi, Masalah ini kadang muncul secara tiba-tiba, padahal touchpad masih berfungsi dengan baik. Inilah beberapa penyebab secara umum membuat touchpad tidak bisa digunakan:

  1. Touchpad dalam mode disable atau dimatikan dengan tombol tertentu yang terdapat dari laptop.
  2. Driver terhapus atau belum terinstall di sistem
  3. Terjadi crash atau error dari sistem operasi yang digunakan
  4. Jika laptop Anda pernah di bongkar, mungkin kabel touchpad tidak terpasang
  5. Not responding dari sistem

Hal ini pernah kami alami, selama Touchpad memang keadaan baik jadi Anda tenang saja karena bisa diperbaiki dengan alternatif yang akan dibahas pada artikel ini.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Sebetulnya ada beberapa cara yang cukup ampuh dalam mengatasi ini, Oleh karena itu tergantung dari masalah yang Anda alami. Jika langkah pertama tidak berhasil, mungkin Anda harus menggunakan cara selanjutnya dari beberapa tips ini.

#1. Mengaktifkan Touchpad Melalui Tombol

Carilah tombol F1-F12 dengan simbol Disable Touchpad, dan pastikan Anda menguji setelah menekan tombol tertentu sudah berdungsi dengan baik atau tidak.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

#2. Aktifkan Touchpad Melalui Pengaturan Windows

Sistem operasi Windows akan menyediakan pengaturan touchpad yang digunakan, hal ini untuk memastikan touchpad dalam keadaan aktif. Apabila pengaturan dimatikan maka touchpad tidak berfungsi dan kursor tidak bisa dikendalikan.

  1. Silahkan untuk menuju ke pengaturan Windows, pilih Windows > Settings (simbol gerigi).
  2. Pilih menu Devices dan akan terlihat menu Touchpad.
    Settings Touchpad
  3. Jika memang sudah Ada menu tersebut, berarti mendakan bahwa Touchpad sudah bisa digunakan.
  4. Anda bisa mengatur tingkat sensitifitas dari touchpad itu sendiri.

Disclaimer : Menu Touchpad pada pengaturan akan muncul apabila driver sudah terinstall di sistem. Jika tidak, maka sistem operasi tidak bisa mendeteksi touchpad tersebut.

#3. Install Driver Touchpad Laptop

Sebagian pengguna mungkin tidak menyadari bahwa perangkat keras dari laptop maupun komputer terdapat driver yang mengintegrasikan fungsi setiap komponen yang ada. Biasanya dalam kasus install ulang windows akan sering terjadi, dimana ada juga sistem tidak mendeteksi dan install secara otomatis dari setiap driver yang ada.

Oleh karena itu kita akan melakukan install driver secara manual maupun menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mendeteksinya.

Install Secara Manual 

Kita akan mencari driver melalui browser, hal yang penting harus di perhatikan adalah pilih situs sesuai nama brand dari setiap laptop kita.

Misalkan kami menggunakan laptop lenovo, maka untuk melakukan pencarian dengan kata kunci “driver touchpad lenovo”.

Driver Touchpad Lenovo

Ingat! pilih domain nama situs resmi dari setiap brand yang kita gunakan, biasanya situs resmi akan mudah muncul pada posisi pertama pada halaman pencarian.

Teknologi website dari situs official akan mendeteksi secara otomatis komponen dan perangkat tipe apa yang digunakan penggunanya. Maka mereka akan menyesuaikan dan driver apa yang harus di install seharusnya pada perangkat kita.

Setiap perangkat mem[unyai drivernya tersendiri, Jadi Anda jangan sembarangan menginstall driver yang tersedia di internet karena akan berbeda-beda jenis dan tipenya.

Install Menggunakan Aplikasi 

Bagi Anda yang pusing dari langkah pertama, mungkin kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti pendeteksi driver.

Driver booster merupakan software dari iObit yang cukup powerfull untuk digunakan setelah install ulang pada laptop Anda.

  1. Silahkan untuk download aplikasi di https://www.iobit.com/en/driver-booster.php
  2. Pilih Free Download, untuk aplikasinya sekitar 25Mb saja.
  3. Jika sudah tinggal install dan lakukan Scan untuk mendeteksi driver apa saja yang belum Anda install.
    Driverbooster pendeteksi driver
  4. Setelah melakukan pendeteksian, ada beberapa list informasi driver yang harus di install maupun di update.
  5. Tinggal klik Update Now.
    Hasil dari Scan Driver Booster
  6. Tunggu beberapa saat untuk untuk melakukan proses download dan install dari driver ke perangkat Anda.

Pastikan laptop Anda terhubung dengan koneksi internet, karena akan ada proses download secara otomatis yang memang cukup besar sekitar 100-400Mb.

Jika proses tersebut sudah dilalui, Anda tinggal restart laptop dan silahkan untuk mencoba kembali apakah sudah teratasi atau belum.

#4. Reinstall Drive Touchpad Laptop

Ada beberapa kasus driver sudah terinstall tetapi tetap saja tidak bisa dilakukan, seperti hal yang dialami kemarin-kemarin terjadi dari kami.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kita harus memastikan driver yang terinstall sudah terpasang dengan semestinya.

  • Pertama, cek di bagian Device Manager
  • Setelah muncul, carilah Mice and other pointing device
    Device Manager
  • Nanti akan ada driver yang bernama ELAN pointing device (Setiap perangkat penamaan ini akan berbeda-beda)
  • Klik 2x pada driver tersebut hingga muncul jendela Properties seperti ini.
  • Lakukan Uninstall Device.Uninstall Driver
  • Langsung saja OK.
  • Terakhir Restart laptop Anda.

Loh kok di unsinstall? Karena tujuan kita adalah Fix problem masalah dari driver yang sudah terinstall. Nah sedangkan melakukan Restart perangkat kita adalah sistem operasi Windows akan menginstall ulang kembali driver yang digunakan.

#5. Update Windows 10

Sebetulnya dengan langkah yang sudah dijelaskan diatas sudah bisa mengatasi touchpad latop tidak berfungsi menjadi normal kembali. Mungkin ada beberapa masalah bagi Anda yang masih belum bisa mengatasinya yaitu melakukan update windows 10.

Bagi pengguna Windows 10 tidak akan heran dengan hal ini, pasalnya Windows sering melakukan update berkala untuk memperbaharui kestabilan perangkat.

Nah, kasus ini memungkinkan terjadi ketika driver dalam laptop Anda tidak kompatibel dengan sistem operasi sedang digunakan. Untuk melakukan update Windows, sangat mudah Anda tinggal menuju menu Settings > Update & Security > Windows Update.

Windows Update Check

#6. Reset PC atau Install Ulang

Langkah terakhir kita bisa melakukan reset windows maupun install ulang sistem operasa yang terdapat di windows Anda. Tetapi harap Anda ingat, bahwa cara ini bagi yang belum terbiasa akan ada resiko yang tidak di inginkan seperti kehilangan data dan lainnya.

Recovery Reset Windows

Nah, tenang saja bagi yang ingin belajar install ulang windows bisa dibaca dulu sebelum melakukan keputusan ini.

Baca Juga : Cara Install Windows 10

Jika memang sudah berhasil Anda menginstall windows, jangan lupa install driver seperti pada langkah sebelumnya menggunkan aplikasi pihak ketiga yaitu Driver Booster bisa mendeteksi semua driver yang dibutuhkan oleh perangkat Anda.

Demikianlah beberapa cara mengatasi touchpad yang tidak bisa digunakan, Jika Anda masih mengalami masalah ini belum teratasi silahkan untuk berkomentar dibawah ini. Insya Allah kami membalasnya, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar