10+ Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ogasite.com – Laptop Anda lemot ? Ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang memang lumayan ampuh untuk dilakukan.

Untuk langkah ini hanya penggunaan Microsoft Windows yang akan membantu mempercepat kinerja dalam laptop atau komputer Anda.

Jika Anda menggunakan Windows lawas, kami sarankan untuk segera pindah dengan install windows 10 terbaru yang sebelumnya kami sudah tulis dalam website ini.

Kenapa ? Karena dalam perawatan sistem akan lebih mudah dibandingkan windows versi jadul, ada fungsi sangat dibutuhkan untuk laptop Anda.

Pada kali ini kita akan membahas cara mengatasi laptop ngelag yang sangat mengganggu untuk kegiatan Anda, seperti terjadinya lag, crash sistem, error, atau masih banyak lainnya.

Sebetulnya kalau orang yang masih belum paham tentang cara merawat komputer dengan baik dan rutin, turunnya performa baik dari segi sistem ataupun hardware akan terasa kalau tidak melakukan perawatan.

Nah, kali ini kami akan membagikan sebuah tips bagaimana cara Anda mengatasi laptop lemot sekaligus bisa merawat laptop kesayangan Anda.

Perlu anda ketahui, tulisan artikel ini yang hanya mencakup dari keseluruhan komputer bukan membahas tentang koneksi internet.

11 Cara Mengatasi Laptop Lemot Sangat Ampuh 

Sebelum jauh untuk membahas dalam mengatasi laptop ngelag atau semacamnya, kami sarankan untuk melakukan langkah sederhana dibawah ini.

Restart / Mulai Ulang

Jika laptop atau komputer Anda belum di-boot baru-baru ini, pastikan Anda sudah mem-boot ulang komputernya karena ini sangat membantu memulihkan kinerja sistem dalam perangkat Anda.

Oke, Kalaupun ini terjadi dalam sistem windows ataupun perangkat Anda yang melambat bisa melakukan tips berikut ini.

Close Program di Task Manager

Salah satu paling umum komputer Anda melambat adalah program yang berjalan di bagian task manager. Kamipun pernah mengalami sangat sudah lama sekali, karena ketidak tahuan dalam menggunakan komputer.

Terjadi kasusnya terdapat sebuah program yang berjalan yang tanpa sepengatahuan kami, Program tersebut sangat memakan ruang penyimpanan memori sementara dan mengakibatkan terjadi penurunan kinerja sistem.

Jadi, kami sarankan kalau ada sebuah aplikasi atau program yang tidak digunakan tetapi berjalan di dalam proses task manager segera hentikan dengan cara End Task.

Belum mengetahui cara membuka Task Manager ? Anda tinggal tekan tombol Ctrl + Shift + Esc > Proses > End Task aplikasi atau program yang tidak digunakan.

Menghapus File Temp 

Ketika laptop atau komputer Anda menjalankan sebuah program, file sementara akan disimpan di hard drive. Melakukan penghapusan file temp ini akan membantu dan meningkatkan kinerja dari komputer Anda.

Langkah pertama, kami sarankan untuk menggunakan utilitas Pembersihan Disk Windows untuk menghapus file sementara dan file yang tidak diperlukan lagi dari komputer.

Namun, dengan pembersihan disk tidak akan menghapus semua direktori yang tersimpan di temp. Oleh karena itu, kita akan melakukan penghapusan file temp secara manual. Bagaimana cara menghapus file temp tersebut ?

  1. Cukup mudah, Anda tinggal menuju kolom search dengan menekan tombol Windows + R > Ketika temp dan Enter.
  2. Anda akan melihat file temp pada folder tersebut, kita hanya perlu untuk mengedit file dengan cara Shift + Del untuk menghilangkan secara permanen.

Hapus File Temp

Menyediakan Space Kosong Ruang Hardisk

Ketika sebelum melakukan instalasi di komputer Anda, terdapat beberapa pengaturan yang memang lumayan penting bagi kami.

Dimana harus menyediakan ruang swap sekitar 200-500Mb saja untuk melakukan penyimpanan ruang sementara. Sekedar informasi, dalam instalasi windows bagian partisi hardisk biasanya sudah muncul otomatis ruang swap sekitar 500 Mb sebagai sistem.

Sebagai tambahan, kami sarankan dalam partisi hardisk bagian LocalDisk C ( Penyimpanan Windows ) janganlah sampai mendekati limit batas ruang hardisk. Misalkan partisi C Anda tersedia 120Gb, Pastikan Anda menyedikan ruangan hingga 5 Gb saja, Ini sangat berpengaruh terhadap kinerja Windows kalau terjadi peringatan bar berwarna merah.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Menghapus File Sampah

Adanya banyak file di komputer ini sangat wajar, pasti akan banyak sekali interaksi seperti instal dan uninstall program yang digunakan.

Jadi, Anda harus sangat memperhatikan file sampah ini dapat memperlambat dan menghabiskan ruang penyimpanan hardisk kalau tidak disadari.

Cara mengatasinya adalah Anda bisa menginstall aplikasi pihak ketiga menggunakan Advance System Care yang dapat digunakan secara gratis.

Tips : Kalau menghapus aplikasi atau program kami sarankan tidak menggunakan control panel. Karena tidak semua file akan terhapus. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan iObit Uninstaller.

Pindai Virus di Komputer

Jika Anda mengalami terinfeksi satu virus atau lebih yang mengakibatkan komputer akan berjalan lebih lambar lagi. Sebetulnya menggunakan Windows Defender saja sudah cukup ampuh untuk mesuknya virus yang Akan menyerang.

Akan tetapi, kelemahannya sebatas dalam memproteksi komputer saja tanpa ada fitur khusus seperti pemindaian. Oleh karena itu, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi anti virus Housecall online Trend Micro untuk memindai dan menghapus Virus dikomputer Anda.

Install Aplikasi Pemindai Malware dan Spyware

Akan tetapi, kalau Anda ingin menginstall aplikasi secara offline.. kami mempunyai alternatif lainnya dengan cara menginstall aplikasi anti virus Malwarebytes bisa digunakan secara gratis dan sangat aman untuk digunakan.

Tips : Hindari pemakaian atau penginstallan antivirus secara bersamaan, misalkan anda menginstall smadav, avira, malwarebytes atau lainnya.

MenDefrag Hardisk 

Langkah ini sangat penting menurut kami, karena ini sekaligus melakukan perawatan terhadap hardware yang digunakan.

Belum tahu apa itu defragment hardisk ? Begini, defragment di ibaratkan kita membereskan berkas atau buku yang berantakan dalam salah satu rak buku yang akan menjadi rapi kembali.

Seperti dalam hardisk, mempunyai sell atau komponen ruangan yang terdapat file berkas yang tidak tersusun rapi. Alasan menggunakan defragment adalah memulihkan hardisk yang terdapat file tidak digunakan lagi.

Maksudnya ketika Anda menghapus file atau melakukan instalasi Windows artinya terdapat ruang penandaan baru di hardsik.

Jadi, defragment akan memfix kan mana yang sudah tidak digunakan lagi dan mana ruang penyimpanan yang masih digunakan.

Oleh karena itu, defragment akan berdampak positif untuk hardisk lebih tahan lama dan tidak terjadinya bad sector.

Salah satunya kerusakan hardisk adalah tidak pernah melakukan defragment hardisk secara berkala yang mengakibatkan penurunan performa.

“Adanya defragment ini bisa membantu meningkatkan kinerja hardisk yang digunakan”.

Perbaharui Update Windows 

Jika terdapat pemberitahuan Windows dikomputer Anda, mungkin kami sarankan untuk segera meng-update yang telah disarankan.

Menuru kami mungkin dari segi sistem pihak Microsoft ada perbaikan bug atau sistem kurang optimal yang berdampak terhadap kinerja.

Anda bisa menuju menu Setting > Update & Security > Windows Update > Check for Update. Anda dapat melihat sistem yang harus di update.

Perlu Anda ketahui, pastikan terhubung dengan internet yang stabil agar download update tetap lancar. Tidak mempunyai Wi-Fi ? Kami mempunyai solusi untuk Anda yang hanya menggunakan kartu perdana.

Nah, kartu perdana ini sangat kencang dalam melakukan selancar di dunia internet. Anda bisa menggunakan kartu by.U dari Telkomsel.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Perbaharui Driver 

Memperbaharui dirver dalam sistem Windows sangat penting karena ini tersambung antara sistem operasi dan perangkat keras.

Anda harus update secara berkala, biasanya setelah Anda install ulang Windows itu tidak semua driver terinstall pada komputer Anda.

Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang cukup bagus menurut kami untuk manajemen driver yaitu dengan iobit driver booster.

Bisa digunakan secara gratis, tidak perlu berlangganan karena versi gratis juga lumayan powerfull menurut kami. Jadi Anda tinggal melakukan instalasi dan download saja.

Tips : Pastikan terhubung dengan internet ketika melakukan pemindaian driver atau update driver menggunakan iobit driver booster.

Install Ulang Windows

Jika terdapat masalah terjadi dari Windows yang Anda gunakan, setelah melakukan beberapa cara masih belum bisa terselesaikan.

Ada baik nya, Anda bisa menginstall ulang windows Anda. Mungkin sudah beberapa tahun Windows Anda terkena virus, file sampah yang sulit terselesaikan.

Melakukan install ulang Windows 10 sangat direkomendasikan menurut kami bagi Anda yang memang perlu melakukannya.

Setelah melakukan install ulang, sistem akan terasa ringan dan cepat digunakan seperti yang pernah kami lakukan walaupun menggunakan laptop RAM 2GB saja.

Anda bisa melakukan install ulang di artikel sebelumnya, Cara Install Ulang Windows 10

Peningkatan Memori RAM

Jika Anda seorang multitasking atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan bisa melakukan peningkatan RAM.

Nah, kalau Anda pengguna laptop 6 tahun yang lalu mungkin cara ini sangat efektif akan tetapi harus mengeluarkan sedikit uang.

Seperti yang kami rasakan, dulu mempunyai laptop RAM 2 GB dan tersedia slot Soddim tambahan kami menambahkan RAM 4 Gb total 6Gb.

Hal ini sangat membantu ketika membuka banyak aplikasi tidak terasa lag atau semacamnya seperti pada sebelum adanya peningkatan.

Catatan : Tidak sembarang peningkatan RAM karena memliki tipe setiap laptop yang digunakan. Anda bisa mengetahui jenis RAM dengan menggunakan Task Manager.

Silahkan untuk menuju Task Manager > Memori > dan Lihat Speed Memori yang digunakan.

Jenis RAM Laptop ada beberapa yang umumnya digunakan tipe DDR3 1300Mhz, 1600Mhz dan DDR4 2133Mhz dan 2400Mhz.

Jadi, Sebelum melakukan pembelian RAM Anda harus konsultasi dulu kepada orang yang lebih memahaminya ya.. Seperti di toko atau teman Anda yang lebih tahu.

Atau juga bisa konsultasi di kolom komentar ya teman-teman.

Menggunakan SSD ( Solid State Drive )

Cara terakhir ini sangat ampuh menurut kami untuk mengatasi laptop lemot atau sering ngelag. Penggunaan penyimpanan SSD ini 5x lebih cepat dari Hardisk.

Laptop jenis apapun, Anda bisa mengupgradenya dengan cara membeli SSD kapasitas 120Gb, 250Gb, 500Gb atau 1Tb.

Perlu di ingat, dengan kecepatan yang dimiliki SSD ini berdampak pada loading booting Windows semakin cepat. Akan tetapi, Anda harus mengeluarkan uang cukup lumayan mahal kisaran paling murah 380rb ( Kapasitas 120Gb ) dan hingga 2jt ( Kapasitas 1 Tb ).

Tergantung dari Merk dan Tipe SSD yang Anda pilih, kami sarankan Anda perlu membeli ruang penyimpanan SSD Sata cukup 120 atau 250Gb saja sebagai penyimpanan sistem operasi.

Keuntungan Menggunakan SSD

  • Loading Booting Wndows Sangat Cepat
  • Membuka Aplikasi Cepat
  • Redering File Sangat Cepat
  • Tidak Perlu Melakukan Defragment

Kekurangan Menggunakan SSD

  • Biaya Lumayan Mahal

Mungkin itu saja beberapa tips cara mengatasi laptop lemot untuk Anda bisa gunakan saat ini. Jika masih ada pertanyaan atau konsultasi bisa menambahkan komentar dan jangan lupa untuk share kepada teman kalian. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar