Cara Membersihkan Drive C Penuh di Windows

Ogasite.com – Secara default Windows akan menyimpan file berada di partisi C dari komputer, tanpa sadar Anda akan pernah mengalami drive C penuh yang mengakibatkan lemot ketika dijalankan.

Sebenarnya hal ini terdapat beberapa faktor yang membuat drive C penuh, misalnya update Windows dengan ukuran cukup besar, banyak terinstall aplikasi, tidak memindahkan file unduhan, cache dan masih banyak lainnya.

Agar komputer selalu optimal, kita harus sering memperhatikan ruang penyimpanan agar tidak melampaui batasan yang digunakan.

Menurut pengalaman pribadi, dengan menjaga drive C tetap bersih dari beberapa faktor ini salah satu upaya kestabilan sistem.

Tidak ada error dimana mana, tidak ada peringatan tertentu karena virus, atau jarang sekali ketika membuka aplikasi terjadi crash.

Apakah Anda pernah mengalami terjadi seperti itu? Tenang saja, sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi masalah drive C yang penuh.

Cara Membersihkan Drive C yang Penuh di Windows

Pastikan Anda memberikan ruang pada penyimpanan C minimal 100 Gb, karena memang Windows memiliki file yang cukup besar.

Menentukan kapasitas penyimpanan C harus sudah diatur sejak install Windows, pada dasarnya setelah WIndows di pakai tidak akan bisa menambahkan kapasitas ke drive C dengan cara apapun.

1. Membersihkan Drive C Melalui System Storage

Windows menyediakan fitur untuk membersihkan penyimpanan dari berbagai macam jenis cache, secara fungsi hal ini bisa dikatakan pembersihan sementara saja.

Tapi cukup membantu untuk meringankan dari beban kinerja sistem operasi yang digunakan, berikut langkah penggunaannya.

  1. Silahkan untuk masuk ke pengaturan di Setting dan pilih System.
    System
  2. Pada menu System terdapat menu Storage,
    Storage Windows Settings
  3. Setelah tampil bagian Local Disk (C:) yang menjelaskan beberapa ruang penyimpanan telah terpakai. Jika kita fokus ke Temporary files, disana terdapat file yang sudah tidak dibutuhkan lagi atau sering disebut file sampah. Kita lihat berawal 10.4Gb yang kosong, setelah melakukan penghapusan bisa berapa ya.
    Hapus Temporary Files
  4. Klik bagian Temporary files, Anda akan dialihkan ke jendela halaman temporary seperti ini.
    Remove File Temporary Files
  5. Temporary tersebut lumayan sudah memakan ruang drive C menjadi penuh, setelah melakukan hapus file sampah tersebut kini space kosong menjadi 11.8Gb.
    After Hapus Temporary Files
  6. Sangat mudah bukan? Cara ini bisa dilakukan secara berulang dengan jangka waktu tertentu setelah merasa Anda sudah banyak melakukan aktifitas cukup berat di komputer yang digunakan.

Penting: Jika Anda centang bagian Downloads, secara otomatis data yang berada di Download akan hilang secara permanen. Pastikan Anda tidak ada file atau data sudah dipindahkan ke partisi lain.

2. Membersihkan dengan Disk CleanUp

Secara konsep penggunaan Disk CleanUp sama saja dengan Temporary files, nanti Anda bisa memilih beberapa lokasi yang ingin dibersihkan.

  1. Carilah pada pencarian dengan kata kuncl “disk cleanup”, akan muncul seperti dibawah ini.
    Disk Cleanup
  2. Jika sudah di klik, akan tampil beberapa pilihan yang Anda ingin hapus. Teorinya, sangat mirip dengan temporary files. Untuk membersihkannya tinggal pilih Clean up system files.
    Disk Cleanup Pembersihan Temporary File
  3. Tunggu beberapa saat untuk memproses dalam pembersihan.

Beberapa langkah kita sudah menggunakan fitur dari Windows, sebenarnya sudah optimal tetapi tidak menyeluruh dalam membersihkan komputer Anda. Apakah ada cara lain?

Menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah solusinya, kami akan merekomendasikan salah satu aplikasi yang cukup powerfull membersihkan junk file dari komputer Anda. Ssttt.. Gratisan kok!

3. Membersihkan Drive C Penuh dengan iObit System Care

Aplikasi yang kami rekomendasikan yaitu iObit System Care dengan berbagai fitur keren dalam pembersihan file sampah dari komputer Anda.

iObit Advance System Care

Apa saja fitur yang dihadirkan dalam aplikasi ini? iObit Advanced System Care menawarkan fitur Startup Optimization, Privacy Sweep, Junk File Clean, Shorcut Fix, Registry Clean, Spyware Removal, Internet Boost, System Optimization, Registry Defrag, Disk Optimization dan lainnya.

Hal ini dapat menambah kinerja komputer Anda menjadi lebih ringan, bagaimana ingin menggunakan aplikasi ini?

  1. Silahkan untuk download di situs resminya https://www.iobit.com/en/advancedsystemcarefree.php
  2. Install aplikasi di komputer Anda. Jika sudah, Select All untuk menggunakan semua fitur dari Advanced System Care dan langsung saja SCAN.
  3. Tunggu beberapa saat dalam mode scan.
    iObit Scanner
  4. Pilih Fixed atau centang Auto Fixed secara otomatis akan di bersihkan oleh sistem.

Anda bisa melihat data yang telah di optimasi, mungkin dari besaran jumlah tergantung dari banyaknya file sampah yang tersedia.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika Anda sering menginstall aplikasi yang banyak, hapuslah beberapa aplikasi yang memang sudah tidak digunakan lagi. Hal ini sangat sudah lumrah tetapi sebagian orang tidak sadar, untuk mengatasi hal ini Anda dapat menghapus aplikasi melalui Control Panel ataupun aplikasi pihak ketiga.

Biasanya pengguna komputer yang mempunyai aktifitas cukup berat, akan ada aplikasi yang cukup memakan ruang penyimanan kapasitas disk c Anda.

Seperti aplikasi yang sudah populer dikalangan masyarakat yaitu Adobe, mempunyai ukuran yang cukup membebankan komputer.

Nah inilah yang harus kita perhatikan dalam penghapusan aplikasi agar ruang penyimpanan tetap bisa “bernafas”.

Anda bisa menggunakan control panel maupun aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Kesimpulan

Langkah untuk membersihkan drive c yang penuh, sebenarnya merupakan upaya dalam mengatasi laptop lemot yang memang tidak diharapkan oleh pengguna. Jika serasa cara diatas telah dilakukan tetapi masih penuh, paling tidak Anda harus menambah kapasitas dari drive C tersebut agar lebih leluasa.

Menambah drive C tidak bisa dilakukan ketika laptop sudah terinstall Windows, solusi paling baik jika Anda memakai hardisk install ulang saja sistem operasi dari komputer yang digunakan. Pilih untuk penambahan kapasitas ketika dalam pembagian partisi.

Berbeda dengan menggunakan SSD Sata, misal memakai kapasitas 120Gb alangkah baiknya untuk upgrade ke SSD berkapasitas 240Gb keatas dengan sesuai kebutuhan Anda.

Demikianlah artikel sederhana yang bisa saya sampaikan untuk membersihkan hardisk c yang penuh, jika Anda terdapat kendala silahkan untuk berdiskusi dalam kolom komentar. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar