Cara Membuat Cinemabar Video di Premiere Pro

Ogasite.com – Membuat cinemabar atau blackbar video sangatlah mudah ketika menggunakan software Adobe Premiere Pro CC atau yang lama juga bisa.

Cinemabar ini memiliki tujuan untuk menambah cinematic pada sebuah video yang biasa digunakan oleh film, cinematic video, short movie atau lainnya.

Kebanyakan sih saya melihat dengan cinemabar atau blackbar, Jadi tampilan video lebih lebar dan enak dipandang oleh penonton.

Sebetulnya membuat blackbar video ada beberapa cara yang dapat digunakan, Namun di artikel kali ini saya akan memilih cara paling mudah untuk dilakukan.

Langkah yang akan ditulis ini sudah terbukti saya coba dan benar ke akuratanya, Jadi anda tidak perlu khawatir tentang artikel yang ditulis ogasite.com

Apa saja yang kita butuhkan dalam penggunaan cinemabar ?

1. Blackvideo

2. Crop Effects

Saya rekomendasikan sebelum membuat cinemabar video ini, disarankan untuk yang masih belajar edit video di premiere pro untuk membaca artikel saya sebelumnya.

Cara Membuat Cinemabar Video di Premiere Pro

Cinemabar ini atau yang sering disebut oleh kebanyakan orang adalah blackbar terdapat frame hitam pada posisi atas dan bawah.

Ukuran dari blackbar ini biasanya tergantung dari sang content creator dari video tersebut, tetapi kita akan membuatnya secara porposional saja tidak terlalu menutupi video yang akan di edit.

Langkah Pertama

Seperti biasanya, buat New Project dan Sequence sesuai dengan resolusi pada video anda yang akan diedit. Setelah itu buatlah Black Video yang berada di Panel Project.

Langkah Kedua

Black video yang telah kita buat, masukan kedalam Timeline dan pastikan berada di atas video tersebut. Tekan Alt + Drag Black video akan terduplikasi secara sendirinya tanpa harus copy paste.

Langkah Ketiga

Ini sangat penting, carilah effects “Crop” pada folder Video Effects > Transform atau juga bisa secara cepatnya cari di kolom search.

Selanjutnya, pastikan klik Black video pertama > masuk ke panel Video Effect dan dibagian “Crop > Top” atur hingga 90%.

Tidak lupa dengan Black video ketiga yang akan diatur crop nya seperti sebelumnya, Namun pengaturannya berbeda dengan “Crop > Bottom > sama 90%” hasilnya sudah tampil pada gambar diatas.

dan hasilnya seperti berikut ini. Anda bisa mengatur tingkat video blackbar yang digunakan bisa saja lebih besar dari frame yang saya rekomendasikan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang membuat blackbar pada video dengan satu langkah saja tetapi sangat mudah dilakukan. Jika anda mempunyai saran untuk kedepannya saya akan lebih perdalam lagi membuat artikel tentang Adobe Premiere Pro. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar