Cara Membuat Google Formulir

Cara Membuat Google Formulir dengan Mudah – Seorang penelitian pasti akan membutuhkan survey online untuk melanjutkan studi kasusnya. Jadi data hasil dari survey online yang diperoleh dari masyarakat yang harus di isi tersebut menjadikan pertimbangan bagi si peneliti.

Nah, kami pernah terlibat menjadi salah satu partisipasi untuk mengisi kusioner yang telah di buat si peneliti dalam rangka pemenuhan skripsi kuliah.

Oleh karena itu, cara membuat google form untuk kuisioner ini sangat direkomendasikan kepada kalian yang memang sedang melakukan penelitian.

Metode secara offline Anda harus cape-cape membuat form kertas print out dan memerlukan waktu dan biaya lumayan menguras.

Google form ini telah dibuat oleh G Suite yang memang Anda bisa digunakan secara gratis. Asalkan sudah membuat email baru gmail atau yang sudah punya tinggal login saja.

Tidak semua orang mengetahui cara membuat google formulir untuk keperluan survey online, karena memang tidak tahu cara awalnya seperti gimana.

Anda bisa membuat google form online sangat banyak, karena setiap pembuatan akun gmail diberikan ruang space gratis ukuran 15 Gb.

Fitur google form ini menyatu dengan Drive Google, tidak hanya itu bisa membuat dokumen word, spreadsheet, dan masih banyak lainnya.

Cara Membuat Google Formulir Untuk Quisioner dan Survey

Anda tidak perlu membuka google drive ya, itu sangat ribet menurut kami. Karena memang ada link google form login yang bisa masuk kedalam dashboard google form.

Tidak panjang lebar, silahkan ikuti langkah dibawah ini cara membuat quisioner dan survey online di google form.

Langkah Pertama 

Silahkan untuk klik link https://www.google.com/intl/id_id/forms/about/ dan pastikan sudah siap akun gmail Anda ya. Untuk tampilannya seperti dibawah ini.

Ketika Anda sudah login dan menekan tombol “Buka Google Formulir” akan tampil seperti dibawah ini.

Membuat Pertanyaan Google Formulir

Langkah Kedua

Kali ini kita akan membuat sebuah pertanyaan yang di awali Heading Google Form, Deskripsi, dan dari pernyataan itu sendiri.

Anda bisa menambahkan judul sesuai studi kasus masing-masing, karena ini untuk mempertegas tujuan dari survey online tersebut.

ini merupakan pertanyaan dan jawaban pertanyaan dari studi kasus yang Anda buat. Jadi bisa digunakan seperlu mungkin.

Jika Anda mempunyai pertanyaan yang wajib di isi oleh responder, pilih Wajib di Isi. Jadi ketika responder lupa salah satu pertanyaan diisi, maka oleh sistem akan di ingatkan kembali untuk mengisinya.

Langkah Ketiga

Menambah pertanyaan baru, Jika Anda mempunyai lebih dari 1 pertanyaan bisa memilih “Tambahkan pertanyaan”.

Untuk format pertanyaan bisa menggunakan Pilihan ganda, centang ataupun paragraf.

Perbedaan mendasar menggunakan Pilihan Ganda atau Kotak Centang adalah responder dalam memilih jawaban. Jadi Pilihan Ganda hanya salah satu opsi saja pilihan, sedangkan Kotak Centang, dari responder bisa memilih beberapa kali jawaban.

Kita akan mencoba menggunakan “Kotak Centang”.

Pada bagian ini bisa berapa saja menambahkan jawaban, karena memang kotak centang difungsikan untuk banyak pilihan opsi.

Kita akan mencoba menggunakan format Jawaban Singkat, Hal ini sangat efektif untuk membuat jawaban seperti Nama, Alamat, ataupun masih banyak lainnya.

Nah, Ketika kita lupa misalkan untuk Nama seharusnya paling atas.

Pada pertanyaan tersebut bisa di seret atau drag ( dipindahkan sesuai keinginan ) Asalkan anda arahkan kursor ke icon titik-titik yang berada di atas.

Awalnya berada dibawah, setelah di drag atau dipindahkan bisa menjadi diatas bukan ?

Membagi Pertanyaan Menjadi Beberapa Bagian

Langkah Keempat

Jika Anda memiliki banyak pertanyaan, saya sarankan untuk membagi batasan pertanyaan.

Fungsinya untuk membagi halaman, supaya survey tidak panjang di scroll oleh responder. Misalkan Anda mempunyai pertanyaan 20, nah kita bisa membagi menjadi 4 halaman.

Setiap 5 dari pertanyaan, kita bisa memilih “Tambahkan bagian”, ini optional ya teman, Jika memang diperlukan ini bisa digunakan.

Ketika sudah memilih “Tambahkan Bagian” secara otomatis akan ada keterangan Bagian 2 dari 2 halaman.

Pada bagian 2, kita bisa menambahkan pertanyaan lagi sesuai kebutuhan. Sebagai contoh kami akan menambahkan pertanyaan berupa Paragraf.

Megubah Tema Google Formulir Lebih Menarik

Langkah Kelima

Pada langkah ini kita akan mempercantik tampilan dari google formulir yang sudah kita buat, caranya dengan memilih “Sesuaikan Tema”.

Anda bisa menambahkan background foto yang sudah disediakan, Jika masih tidak ada pilihan bisa menambahkan gambar atau foto sesuai keinginan Anda, dengan memilih “Unggah”.

Langkah Keenam

Bagian ini sangat penting, Anda bisa memilih warna yang sesuai keinginan dan sebagai contoh kami memilih warna biru. Anda bisa menambahkan warna dengan pada tombol Plus.

Settingan Membagikan Link Google Formulir 

Langkah Ketujuh

Tahap ini sangat penting untuk membagikan link google formulir, karena dasarnya kalau kita tidak bisa membagikan link google form ya percuma tidak akan ada data yang akan kita rekap.

Caranya pilih menu Setelan ( Icon roda bergigi ) > Atur Setelan.

Anda bisa mencentang Kumpulkan alamat email ( Jika di perlukan untuk mengetahui email responder ).

Ataupun bisa membatasi 1 responder, dengan 1 tanggapan saja ( Ini sangat rumit, karena responder harus login akun gmail terlebih dahulu ).

Kami mencentang “Batasi ke 1 tanggapan” untuk tidak terjadi spam, oleh karena itu ini hanya optional saja.

Untuk Anda yang membuat kuis di google form,  saya sarankan untuk mengatur pada halaman kuis. Disana Anda busa mengatur dari kuis yang Anda buat.

Karena kami disini membuat survey di google form, Jadi tidak diperlukan.

Langkah Kedelapan

Untuk membagikan link google form yang telah kita buat, Anda bisa pilih menu Kirim > Link > dan Perpendek URL ( Sangat direkomendasikan ) dan Salin.

Ini masih terlalu panjang ? Anda bisa mengubah link secara custom dengan cara memperpendek link google form pada artikel kami sebelumnya telah terbitkankan.

Baca Juga : Cara Memperpendek Link atau URL secara Custom

Melihat Tampilan Google Form Telah diBuat

ini merupakan tampilan google form yang telah dibuat oleh kami, Untuk Anda yang ingin melihat silahkan klik link dibawah ini.

https://forms.gle/hv7GCgpevHXNnPUX7

Melihat Jumlah Responder Survey Google Form

Anda bisa kembali lagi ke google form tadi dengan memilih “Respons” untuk meninjau jawaban dari orang lain yang telah Anda bagikan.

Tampilan data akan disajikan berupa statistik diagram, dan angka yang memang sangat bermanfaat.

Untuk tadi pertanyaan “Kotak Centang” akan seperti ini dalam tampilan respoder yang disajikan oleh Google form.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan dengan cara membuat google formulir untuk survey, Anda bisa bereksperimen dalam membuat google form.

Silahkan untuk berimajinasi dalam membuat tampilan google form semenarik mungkin, yang dapat menambah kenyamanan bagi responder supaya tidak bosan ya.

Oh iya, jangan lupa memberikan link url custom pada google form yang Anda buat. Karena orang lain bisa mengetik atau menghafal link yang Anda buat.

Caranya sudah kami beritahu pada materi diatas, yang sudah memberikan cara link memperpendek URL kustom. Oke, Demikian saja dari kami.. Jika anda mempunyai saran dan tambahan artikel bisa komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat

2 pemikiran pada “Cara Membuat Google Formulir”

Tinggalkan komentar