Cara Cek Jenis RAM Laptop atau Komputer

Ogasite.com – Komponen yang sangat penting dari sebuah PC Desktop atau laptop dalam keberlangsungan proses yaitu seperti Processor, Storage (SSD atau HDD) dan RAM ( Random Access Memory ). Mungkin bagi pengguna komputer sudah tidak aneh dengan pemikiran bahwa semakin besar RAM, maka sistem mempunyai kinerja yang baik.

Kita bisa cek jenis RAM laptop atau desktop untuk mengetahui spesifikasi RAM yang sedang digunakan pada perangkat. Misalkan Anda ingin upgrade komponen Desktop atau Laptop harus mengetahui tipe RAM sebelum menambahkannya.

Random Access Memory merupakan penyimpanan yang bersifat sementara selama komputer itu aktif (menyala) dan data akan hilang ketikan perangkat dimatikan. Sistem operasi akan menyimpan data dari aplikasi yang sedang berjalan untuk dibebankan ke memory RAM yang telah diproses oleh processor.

Jika melihat kecepatan transfer (RAM speed) terdapat dua varian diantaranya SDR (Single Data Rate) dan DDR (Doble Data Rate).

Nah istilah yang sering kita ketahui yaitu DDR dengan mempunyai beberapa standar tipe seperti DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan terbaru saat ini adalah DDR5.

Patokan awal untuk mengetahui jenis RAM dengan melihat seri DDR tersebut, kebanyakan yang digunakan saat ini yaitu DDR3 dan paling umum DDR4.

Cara Cek Jenis RAM Laptop atau Komputer 

Ketika Anda ingin mengetahui tipe RAM PC Desktop sebenarnya tidak harus membongkar perangkat keras karena ini bisa memakan waktu cukup kama. Ada beberapa langkah sederhana untuk mengecek tipe RAM PC yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

#1. Cara Mengetahui Tipe RAM Melalui Task Manager

Langkah pertama, kita akan menggunakan fitur bawaan dari Windows yaitu Task Manager. Fitur ini menyediakan informasi lengkap tentang hardware maupun software yang sedang berjalan. Berikut langkah untuk cara cek jenis RAM laptop atau komputer melalui task manager.

  1. Silahkan klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager atau menekan tombol ( Ctrl  + Shift + Esc ) secara bersamaan.
  2. Jika sudah, pilih menu Performance > Memory.
  3. Pada jendela tersebut Anda bisa mendapatkan informasi jenis RAM laptop seperti DDR4 dengan Speed 2133  MHz dan kapasitas sebesar 8 GB.
    Cara Cek Jenis RAM Melalui Task ManagerSebagai tambahan, Jika Speed Anda memiliki frekuensi 2133MHz keatas berarti tipe RAM yang digunakan adalah DDR4. Berbeda dengan DDR3 yang masih mempunyai Speed 1333, 1600 dan 1866 MHz. Mungkin Anda akan sudah sedikit memahami tentang informasi tersebut.
  4. Selesai.

Task Manager juga Anda bisa cek VGA laptop atau komputer dengan mengetahui spesifikasi dasar dengan melihat frekuensi yang dijalankan.

#2. Cara Cek Jenis RAM Melalui CPU-Z

Selanjutnya kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan informasi detail secara akurat bisa menjadi acuan Anda ketika ingin mengetahui tipe RAM laptop. Sebelumnya, Anda harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu.

  1. Silahkan untuk menginstall aplikasi CPU-Z diperangkat Anda.
  2. Lakukan installasi setelah Anda download aplikasi tersebut, Jika sudah tinggal buka aplikasi CPU-Z.
  3. Ketika aplikasi CPU-Z dibuka, pilih tab menu Memory yang berada dibagian atas, kurang lebih menyediakan tampilan seperti ini.
    Cara Mengetahui Tipe RAM Laptop di CPUZInformasi yang ditampilkan sama persis seperti di Task Manager, tetapi CPU-Z lebih detail sehingga kita bisa melihat tipe RAM yang sedang digunakan adalah DDR4.
  4. Selesai.

Sebetulnya dengan tahapan ini sudah sangat cukup bagi Anda yang ingin mengetahui tentang jenis RAM ini seperti penggunaan CMD dengan melakukan perintah tertentu, tetapi bagi orang yang masih awam akan kebingungan dalam mencerna informasi yang ditampilkan melalui command prompt.

Cara Membaca Spesifikasi RAM

Berbicara tentang spesifikasi RAM, bagi Anda yang ingin mengetahui atau mengorek informasi tentang RAM DDR4 lebih dalam, pada artikel ini akan dijelaskan.

Ketika membahas spesifikasi RAM, tentu terdapat beberapa variabel utama diantaranya:

  • Kapasitas (Ukuran)
  • Frekuensi
  • Timing

Kapasitas atau ukuran RAM ini merupakan hal yang dasar, karena sebagian orang akan mengatahui tentang size atau ukuran RAM yang digunakan.

Mungkin Anda akan masih kebingungan masalah Frekuensi, Speed memory DDR4 mempunyai spesifikasi seperti 2133, 2400, 2666, 2993  3200 bahkan hingga 4000 MHz.

Percayalah bahwa secare REAL pengguna Frekuensi ini hanya setengah dari Frekusensi sesungguhnya.

Misal saya menggunakan Frekuensi 2133 MHz, maka secara REAL DRAM Frecuency BUS nya adalah 1066.5 MHz.

Ini berlaku seperti Frekuensi lain yang dimana 1/2 rating “DDR”. Jika Anda ingin lebih mengerti tentang spesifikasi RAM lebih lengkap, bisa menonton melalui video dibawah ini.

Mungkin itu saja dari Ogasite untuk membahas artikel tentang memori RAM, semoga dengan adanya penjelasan ini memudahkan kegiatan Anda untuk mengetahui spesifikasi RAM untuk kebutuhan tertentu. Jika masih bingung, Anda dapat menginggalkan pesan melalui kolom komentar dibawah!

Tinggalkan komentar