Cara Format Flashdisk dan Hardisk

Cara Format Flasdisk dan Hardisk – Ketika penyimpanan flashdisk dan hardisk sudah mendekati kapasitas maksimal, pastinya kita akan menghapus beberapa file yang sudah tidak digunakan atau membelinya lagi (kalo sultan).

Sebagian dari beberapa orang yang sudah kami temui, mereka memilih menghapus file tersebut bisa juga dengan cara format flashdisk kalo memang dibutuhkan, sedangkan hardisk jarang sekali orang ingin memformat sekaligus.

Mungkin format hardisk dengan alasan berkas mereka sudah di cadangkan ke penyimpanan lain, dan ingin mengkosongkan hardisk tersebut.

Nah sebetulnya kami ingin membuat konten terpisah antara format hardisk maupun flashdisk, tapi cara nya sama saja tentang penyimpanan , agar lebih efisien juga sih jadi kita bahas sekaligus!

Ada beberapa langkah cara dalam menghapus file dalam flashdisk maupun hardisk dengan cara format sekaligus, kita tidak membutuhkan software pihak ketiga karena dari sistem bawaan windows juga sudah cukup powerfull.

Cara Format Flashdisk dan Hardisk

Jika kamu mempunyai masalah hardisk yang tidak terbaca, mungkin bisa juga dilakukan. Windows 10 sudah menyediakan beberapa fitur tools untuk menghapus penyimpanan dengan memanfaatkan file explorer, disk management, maupun command prompt (cmd).

Penting! Cara ini berlaku untuk semua jenis penyimpanan, namun tetap perhatikan file system yang terdapat pada suatu storage entah SSD, Hardisk , maupun Flashdisk. Membedakan adalah lokasi label saja, untuk cara memang dapat melakukan seperti pada langkah dibawah.

Cara Format Flashdisk dan Hardisk melalui File Explorer

  1. Open File Explorer (Win + E)
  2. Pilih bagian This PC, kemudian pilih partisi dari flashdisk atau hardisk dengan label yang kamu maksudkan.
  3. Klik kanan > Format
    Klik kanan dan pilih format
  4. JIka sudah terdapat jendela seperti ini, kamu hanya perlu klik Start untuk format dilakukan.
    Start format flashdisk
  5. Tunggu beberapa saat dari format tersebut, jika memang berhasil secara default penyimpanan flashdisk kamu akan kosong.

Jika serasa langkah ini masih tidak bisa untuk memformat hardisk atau flashdisk kamu, mungkin bisa menggunakan cara selanjutnya.

Cara Format Hardisk atau Flashdisk melalui Disk Management

Berbeda dengan melalui via windows explorer, tools ini sudah tersedia dalam Windows. Penamaannya saja sudah bisa kita tau “disk managemenet” yang berarti fungsi memanage penyimpanan yang berada dalam komputer kita. Bagaimana cara melakukan ini?

  • Secara cepat, kita dapat melakukan klik kanan pada simbol Windows hingga terdapat pilihan seperti ini.

    Pilih disk management

  • Jika sudah memilih Disk Management, carilah label penyimpanan yang kamu maksud entah mau flashdisk ataupun hardisk yang ingin di format.
  • Seperti pada contoh dibawah ini, saya ingin menghapus keseluruhan isi flashdisk dengan format pada label F: (kebetulan flashdisk saya terbacanya dalam label F)
    Klik kanan dan format flashdisk
  • Tunggu beberapa saat untuk melakukan penghapusan tersebut.

Sebagai, tambahan ini sangat penting menurut kami. Ada beberapa kasus dimana salah satu partisi hardisk tidak terbaca, kamu dapat memeriksa melalui disk management ini.

Misalkan saya mempunyai ruang penyimpanan sebesar 1TB dari hardisk, dibagi menjadi 3 partisi masing-masing ukuran umpanya 300Gb.

Ada salah satu partisi yang tidak terbaca ketika dalam windows explorer, bagaimana bisa ? Tenang, jangan panik dulu.

Kita bisa cek keadaan partisi tersebut dalam disk management, jika partisi terdeteksi dengan kata lain masih bisa digunakan oleh kamu.

Cara paling efektif untuk memunculkan partisi tersebut, delete volume dan create volume lagi, ( asalkan data dari partisi tersebut memang kosong ).

Cara Format Penyimpanan melalui CMD

Hal ini cukup asing bagi orang yang tidak familiar, seperti yang kami lakukan sering sekali menggunakan cara yang terakhir ini tanpa tools dengan tampilan secara GUI.

Sering sekali kami menggunakan metode terakhir ini dalam membasmi hardisk, kenapa ?

Karena dalam kasus kami ketika hendak install ulang ada kasus tidak bisa di next, secara otomatis tidak bisa ke halaman windows lagi.

Rumit sih kalo di ceritakan.. Haha (Efeknya data hardisk saya semua hilang) Karena tidak ada cara lain lagi.

Namun, disini kami bukan menunjukan cara yang dapat merugikan kamu melainkan memberikan solusi terakhir dalam format hardisk yang tidak bisa menggunakan cara sebelumnya.

Ikuti perintah dibawah ini.

  1. Buka Command Prompt kamu ( Win + R ) ketik cmd.
  2. Setelah itu ketik diskpart dan tunggu beberapa saat sampai muncul kembali tab baru dari cmd. Lalu, ketik list disk seperti muncul keterangan dibawah ini
    Diskpart dan Listdisk format hardisk cmd
  3. Silahkan pilih partisi yang kamu ingin format, untuk mengenali mana partisi yang ingin di format biasanya mengetahui dari kapasitas partisi tersebut. Misalnya kami ingin format flashdisk yang mempunyai ukuran 8Gb atau terbaca nya 7437Mb.
  4. Dengan hal tersebut, berarti flashdisknya terdapat Disk 2. Hal ini akan berbeda-beda, harap kamu teliti
  5. Jika sudah ketemu, ketik perintah select disk 2. ( sampai ada keterangan “Disk # is now the selected disk” )
  6. Kalau kamu masih ragu, kita bisa list disk lagi untuk memastikan bahwa telah memilih disk tersebut yang akan diberikan tanda bintang (*) seperti ini.
    Select disk format cmd
  7. Langsung saja ketik clean.
  8. Selanjutnya create partition primary.
  9. Lalu, select partition 1
  10. Ketik active
  11. Paling penting untuk memformat kita bisa menggunakan perintah format FS=NTFS label=Ogasite-drive quick yang dimana label bisa dirubah sesuai keinginan.
    Format via cmd
  12. Tinggal kasih label assign letter=N (huruf N tersebut bisa digunakan sesuai keinginan) asalkan tidak sama dengan partisi lain yang terdapat dari komputer kamu
    buat partisi baru via cmd
  13. JIka berhasil, maka flashdisk akan kosong lagi seperti baru.

    Free flasdisk

Apakah ini bisa dilakukan semua penyimpanan? Selamat flashdisk dan hardisk dijamin masih bisa dilakukan. Berbeda kalau penyimpanan yang berada di smartphone yang dihubungkan kekomputer. Misalkan format smartphone itu seperti reset ke setelan pabrik yang sudah tersedia dalam smartphone.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan dari artikel sederhana ini untuk menghapus penyimpanan entah flashdisk maupun hardisk dengan melakukan formatting. Jika kamu masih terdapat beberapa cara diatas yang tidak paham, yuk sharing pada kolom komentar.

 

Tinggalkan komentar